KSAD Pimpin Pengalihan Kodal ke Dev II Kostrad

KSAD Pimpin Pengalihan Kodal ke Dev II Kostrad KSAD Jendral TNI Mulyono. foto: iwan irawan/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Mulyono memimpin upacara Pengalihan Komando dan Pengendalian (Kodal) ke Divisi II Kostrad di lapangan Brawijaya Rampal Malang. Itu dilakukan dalam rangka peralihan Bataliyon Artileri Medan-8/105 (Yonarmed-8/105) Jember ditarik ke Kodam V/Brawijaya.

"Yonarmed I/Roket selama ini di Kodam V/Brawijaya dilimpahkan ke Divisi II Kostrad Singosari, sekaligus pemantapan kekuatan TNI di wilayah Kodam V/Brawijaya, lebih tangguh lagi," ujar Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Infantri Washington S kemarin (30/3).

Kedua Yonarmed tersebut memiliki sistem persenjataan (sista) roket tempur bernama 'Astros II' yang berteknologi tinggi, yaitu teknologi Trajectography Radar pada kendaraan Fire Control Unir sebagai sarana koreksi jatuhnya roket sistem jarak dari 85 sampai 300 kilometer di medan tempur, plus masih banyak lagi keunggulan lainnya.

"Indonesia merupakan negara ke-6 dari negara lainnya yaitu Arab Saudi, Irak, Brazil, Qatar dan Malaysia," papar Kapendam V/Brawijaya.

KSAD Jenderal TNI Mulyono dalam amanatnya saat memimpin upacara menyampaikan, bahwa pengalihan kodal ini bertujuan untuk penataan pembangunan keamanan yang ada di wilayah Kodam V/Brawijaya, supaya operasional mudah dilaksanakan dan dikendalikan oleh Kodam.

"Di samping itu, juga dilakukan perubahan status dari Yonarmed Tarik menjadi Yonarmed Roket, dengan maksud menghasilkan satuan - satuan yang berkualitas," tegas KSAD Jenderal TNI Mulyono.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO