Dua Pasar Daerah Tuban Masuk Nominasi Peraih Penghargaan Pasar Tertib Ukur Nasional

Dua Pasar Daerah Tuban Masuk Nominasi Peraih Penghargaan Pasar Tertib Ukur Nasional Pasar pramuka yang diikutkan pasar tertib ukur nasional. foto: udin/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dua Pasar Daerah di wilayah Kabupaten Tuban masuk nominasi peraih penghargaan kategori Pasar Tertib Ukur Nasional dari Kementrian Perdagangan (Kemendag) Indonesia. Rencananya, penilaian dan peninjauan lokasi akan dilakukan oleh Kemendag pada Mei 2016 mendatang.

Dua pasar tersebut yakni, Pasar Pramuka yang terletak di Tuban Kota dan Pasar Bangilan di Kecamatan Bangilan. Kedua pasar itu dinilai layak oleh Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) setempat, untuk masuk dan mewakili Kabupaten Tuban sebagai pasar tertib ukur nasional.

"Setelah kami lakukan penilaian, pengecekan dan pengajuan ke Kemendag, kedua pasar tersebut lolos verifikasi dari Kemendag sebagai calon peraih penghargaan Pasar Tertib Ukur Nasional," kata Kabid Perdagangan Disperpar Tuban, Bhismo Setyo Adji kepada BANGSAONLINE.com saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/04).

Akhir-akhir ini Disperpar memang gencar melakukan pengecekan berkala pada alat ukur timbangan milik para pedagang di kedua pasar tersebut. Hal ini, kata Bhismo, guna bisa memperoleh kembali penghargaan yang ketiga kalinya sebagai Pasar Tertib Ukur Nasional.

Sebelumnya, dua pasar di Tuban telah duluan memperoleh penghargaan sebagai Pasar Tertib Ukur Nasional, yaitu Pasar Baru Tuban pada 2014 dan Pasar Jatirogo pada 2015 silam.

"Selain itu, dua pasar yang telah kami ajukan tersebut, juga menjadi satu-satunya perwakilan dari Kabupaten di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur yang masuk dalam kategori Pasar Tertib Ukur Nasional." terang Bhismo.

"Diharapkan, kedua pasar yang diajukan menjadi kategori pasar tertib ukur nasional tersebut, dapat memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai target dari kami, yakni memperoleh penghargan untuk ketiga kalinya," tutup Bhismo. (tbn1/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO