Perkembangan Elektabilitas Cagub Jatim: Khofifah Tertinggi, Gus Ipul 2, Risma 3, Anas 4

Perkembangan Elektabilitas Cagub Jatim: Khofifah Tertinggi, Gus Ipul 2, Risma 3, Anas 4

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Inilah bocoran dari beberapa lembaga survei tentang calon gubernur Jawa Timur. Dari data sementara ternyata terjadi perkembangan cukup dinamis, terutama soal elektabilitas para calon gubernur Jawa Timur.

Menurut sumber BANGSAONLINE.com, dari sekian calon gubernur yang muncul, ternyata Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan A Halim Iskandar (Gus Nanang) yang paling aktif bergerak melakukan sosialisasi sebagai calon gubernur. Dua gus yang masih satu keluarga ini sangat gencar melakukan pencitraan di berbagai daerah.

Maklum, Gus Ipul punya panggung. Yakni sebagai wakil gubernur Jawa Timur. Jadi ia bisa bergerak ke mana-mana.

Begitu juga Halim Iskandar. Ia selain ketua DPRD Jatim juga ketua DPW PKB Jawa Timur. Bahkan dari sekian calon gubernur yang muncul Halim Iskandar paling banyak memasang baliho. Hampir setiap daerah terpampang baliho Halim Iskandar.

Hasilnya? Tentu ada. Halim Iskandar, misalnya, yang semula elektabilitasnya 0,7% kini naik menjadi 4%. Sedang Gus Ipul kini 28%.

”Halim ada kenaikan. Namun Gus Ipul tampak stagnan. Sebelumnya kan 27%,” kata sumber BANGSAONLINE.com mengutip hasil survei yang dilakukan lembaga survei bereputasi nasional.

Ada beberapa lembaga survey yang dikutip sumber BANGSAONLINE.com ini. Dan masing-masing lembaga survei ini dikontrak para calon gubernur itu. Namun hasil obyektifnya hampir sama.

”Kan hasil survei itu sebenarnya sama kalau sama obyektif. Cuma yang diekspose kadang dimainkan untuk kepentingan calon gubernur yang mengontraknya. Lembaga survei kan juga sekaligus tim sukses. Bahkan ada juga hasil survei abal-abal yang diekspose untuk kepentingan calon. Misalnya calon si A ditinggikan, sedang calon B direndahkan tingkat elektabilitasnya,” tuturnya.

Yang mengejutkan justru tingkat elektabilitas Khofifah Indar Parawansa. Menteri Sosial RI dan ketua umum PP Muslimat NU ini paling tinggi tingkat elektabilitasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO