Presiden Jokowi Pastikan Pilkada 2024 Berjalan Baik Pascapemberhentian Hasyim Asy'ari

Presiden Jokowi Pastikan Pilkada 2024 Berjalan Baik Pascapemberhentian Hasyim Asy Presiden Joko Widodo. Foto: Ist

BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo () memastikan, akan tetap berjalan dengan baik setelah pemberhentian Ketua , Hasyim Asy’ari, oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Sesuai jadwal, pesta demokrasi akan tetap diselenggarakan secara serentak pada 27 November mendatang karena sudah ada mekanisme pemberhentian antar-waktu untuk mengisi kekosongan anggota .

"Pemerintah akan memastikan bahwa pilkada dapat berjalan dengan baik, lancar, jujur, dan adil," kata , Kamis (4/7/2024).

Ia menghormati kewenangan DKPP yang memutuskan memberhentikan Hasyim Asy’ari terkait kasus yang dihadapi. pun menegaskan bakal segera memproses surat Keputusan Presiden (Keppres) guna menindaklanjuti putusan DKPP.

"Keppres belum masuk ke meja saya. (Masih) dalam proses, proses administrasi. Biasa saja," tuturnya.

DKPP menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap terhadap Hasyim Asy'ari selaku Ketua merangkap anggota , terkait kasus dugaan asusila terhadap anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda, berinisial CAT. 

Putusan itu dibacakan dalam sidang putusan dugaan pelanggaran kode etik di Kantor DKPP RI, Rabu (3/7/2024). DKPP mengabulkan pengaduan pengadu seluruhnya, dan meminta Presiden RI Joko Widodo untuk mengganti Hasyim dalam kurun waktu 7 hari sejak putusan dibacakan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO