Ada Kampung Pengemis di Pasuruan: Rumah Tingkat Dua, Berlantai Keramik

Ada Kampung Pengemis di Pasuruan: Rumah Tingkat Dua, Berlantai Keramik Salah satu ‘sudut’ Kampung Pengemis di Jl Halmahera Pasuruan Kota.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kota memiliki sebuah kampung yang penduduknya ‘bermata pencaharian’ sebagai pengemis.

Pemukiman ini diketahui berdasarkan hasil investigasi HARIAN BANGSA yang secara kebetulan menjumpai sekelompok pengemis, sekitar 10 orang yang menumpang bus jurusan Mojokerto - . Kemudian, para pengemis turun di perempatan Gedong Wolu Kota .

Dari pembicaraan mereka di dalam bus kuning jurusan Mojokerto - , sempat terungkap penghasilan mereka paling sepi setiap hari sebesar Rp 75 Ribu .

Dikutip dari HARIAN BANGSA, sempat dilakukan penelusuran sampai masuk gang kampung ke rumah masing-masing. Tidak disangka, ternyata mereka bukan warga di bawah garis kemiskinan. Rumahnya berlantai keramik. Bahkan, dari mengemis juga ada yang membangun rumah permanen berlantai dua. Di teras rumahnya terdapat dua motor matic.

Berdasarkan keterangan dari warga sekitar, memang di wilayah Jl Halmahera dan Kampung Baru tampak kumuh dan kotor, sebagian warganya berprofesi sebagai peminta-minta atau pengemis. Umumnya, mereka mengemis di luar wilayah seperti Mojokerto, Porong-Sidoarjo dan Surabaya serta kota kota lain.

Humas Kota Edy Heey Raspati, mengatakan, sepengetahuannya selama ini tidak ada yang namanya Kampung Pengemis di Kota . Hanya saja, kata dia, di wilayah Kampung Baru berdasarkan informasi memang ada beberapa warga yang berprofesi sebagai pengemis. Itupun diketahuinya beberapa tahun yang lalu.

Edi berdalih saat ini sudah banyak warga tabg meninggalkan profesi pengemi karena taraf hidup mereka telah meningkat. "Kalau beberapa tahun lalu memang ada beberapa warga di tempat itu yang berprofesi sebagai pengemis dan sekarang tampaknya mereka sudah beralih profesi," kata Edi.

Edi malah meminta untuk menanyakan kepada pihak kecamatan maupun Kelurahan setempat. Namun, hingga berita ini diturunkan, pihak kelurahan maupun kecamatan belum bisa dihubungi (psr2/psr1/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO