Banser Tuban Ikut Bantu TNI - Polri Amankan Perayaan Natal

Banser Tuban Ikut Bantu TNI - Polri Amankan Perayaan Natal Banser bersama TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas saat pengamanaan hari raya natal. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Satuan Koordinasi Cabang Barisan Ansor Serbaguna (Satkorcab - Banser) Kabupaten Tuban turut serta membantu TNI-Polri mengamankan perayaan natal di Kabupaten Tuban, Minggu (25/12) kemarin. Penjagaan tersebut tidak hanya di wilayah perkotaan saja, melainkan menjangkau di setiap pelosok kecamatan juga turut diakankan.

Wakil Komandan Banser Tuban, Syafii kepada BANGSAONLINE.com, Senin (26/12) menyatakan, pasukan banser yang diterjunkan pada pengamanan perayaan natal tahun ini sebanyak 90 personil. Mereka disebar di seluruh kecamatan yang ada di Tuban dan terbagi menjadi beberapa ring. Pasukan utama melakukan penjagaan mulai 24, 25 hingga 26 Desember 2016.

"Sedangkan, pasukan kedua dan ketiga disiagakan, tapi ketika dibutuhkan maka dapat segera merapat. Kami lakukan ini karena kami menginginkan NKRI tetap utuh," kata Syafii.

Kata dia, Banser sebagai sayap kekuatan GP Ansor memang diberi tugas untuk pengamanan demi kemanusiaan, khususnya di kalangan NU (Nahdliyin), dan umumnya di kalangan umat yang bernaung dalam NKRI.

"Ini seperti halnya tugas kewajiban bagi setiap warga megara yang dimarwahkan dalam UUD 1945. Pada intinya bela negara dalam implementasinya mampu mengisi kemerdekaan dan bertindak serta menolong demi kemanusian," papar Syafii.

"Banser merupakan alat penggerak GP Ansor untuk menunjukkan nilai Humanisme (Kemanusiaan), kebersamaan lintas agama. Selain itu untuk membantu dan melebur dengan elemen kekuatan bangsa untuk tetap menjaga, menjamin keutuhan berbangsa dan bernegara atas ancaman, gangguan dan tantangan yang akan merusak pluralisme dan kebinnekaaan yang berada di Wilayah NKRI," imbuhnya.

Dalam pengamanan itu, pasukan Banser turut serta menetralisir di ruangan maupun luar gedung gereja.

"Semoga persatuan dan kesatuan tetap terjaga," harap Syafii.

Terkait hal ini, pihak TNI dan Polri mengapresiasikan peran Banser ikut mengamankan perayaan natal.

"Kebersamaan harus dijaga, karena sebagai wujud toleransi beragama. Sudah menjadi kewajiban bersama untuk menjaga ketentraman," ujar Kapolsek Singgahan, AKP Totok Widjanarko. (ahm/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO