Kanwil Kemenag Jatim Rekrut Penyuluh Agama Buddha Non-PNS

Kanwil Kemenag Jatim Rekrut Penyuluh Agama Buddha Non-PNS Para peserta saat sedang mengerjakan tes tulis.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 46 orang utusan rekomendasi majelis, lembaga, organisasi keagamaan Buddha se-Jawa Timur mengikuti tes tulis dan wawancara, Jumat (20/1) kemarin. Mereka mengikuti rekrutment Penyuluh Agama Buddha itu di Aula Al Ikhlas Kanwil Kemenag Prov Jatim. Materi tes meliputi tiga aspek utama yakni Konsep Dasar Agama Buddha, Wawasan Kebangsaan serta Kompetensi Kepenyuluhan.

Para penguji tes tulis dan wawancara yang berlangsung sehari ini berasal dari Tim Penyuluh PNS Kanwil Kemenag Prov Jatim. Sedangkan kelulusan rekrutmen penyuluh ini akan diumumkan pada Senin (23/1) besok.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Bilang Begini saat Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya

Staf Bimas Buddha Dhiani Pratmawati menjelaskan, rekrutmen penyuluh agama non PNS ini untuk menghasilkan penyuluh yang benar-benar memiliki kompetensi tertentu sebagai penyuluh, memiliki kapasitas yang mumpuni untuk dijadikan panutan, teladan serta motivator yang membawa kemajuan dalam kehidupan beragama.

Minimnya tenaga Penyuluh Agama Buddha non PNS, menjadi alasan Kementerian Agama RI membuka rekrutment baru. Terutama mengingat sangat dibutuhkannya keberadaan para penyuluh gama Buddha non PNS ini dalam pembinaan umat di daerah-daerah. Saat ini, baru tersedia 48 penyuluh agama Buddha PNS se-Indonesia.

Sedangkan Jawa Timur, baru memiliki 5 penyuluh agama Buddha PNS. Menanggapi hal tersebut, Kementerian Agama sejak Desember 2016 lalu telah membuka rekrutmen penyuluh agama Buddha Non PNS. (hms/ian/ros)

Baca Juga: Kanwil Kemenag Jatim Sayangkan Kasus Penganiayaan Santri di Kediri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO