Nyaris Tembus Target, Kepemilikan Akte Kalahiran di Pacitan Capai 74 Persen

Nyaris Tembus Target, Kepemilikan Akte Kalahiran di Pacitan Capai 74 Persen Ari Januarsih

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun di Kabupaten , nyaris menyentuh angka yang ditargetkan pemerintah pusat. Menurut Kabid Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, Ari Januarsih, bahwa cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun di sudah mencapai 74,64 persen.

"Harapan dari pemerintah, cakupan kepemilikan akta tersebut akan bermuara pada penerbitan kartu identitas anak (KIA)‎ yang mulai dilaksanakan Tahun 2018 mendatang," katanya seusai mengikuti rakor di Malang, Kamis (20/4).

‎Ari mengungkapkan, terkait keperluan itu, Dispendukcapil akan membuka unjuk kerjasama dengan semua kecamatan yang ada di agar semua anak di tidak terlewatkan dalam kepemilikan KIA tersebut. Selain itu juga sekolah-sekolah serta perangkat desa‎.

"Kita juga akan mengundang sekolah-sekolah, perangkat desa, agar kegiatan ini bisa tersampai kesemua lapisan masyarakat," bebernya.

‎Sementara itu, lanjut Ari, bagi anak usia 0-5 tahun, dalam kepemilikan KIA tersebut tak harus menyertakan foto diri. Namun bagi anak usia 5-17 tahun kurang satu hari, wajib menyertakan foto yang disesuaikan dengan foto di KTP El. "Bagi anak yang mengajukan permohonan KIA, wajib memiliki akta kelahiran, kartu keluarga, serta salinan KTP orang tua," tandasnya. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO