Selama Lebaran, Puskesmas dan RSUD Siaga, tapi Dokter BPJS Cuti Sepekan

Selama Lebaran, Puskesmas dan RSUD Siaga, tapi Dokter BPJS Cuti Sepekan Warga saat mengurus keanggotaan BPJS

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Para peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten diharapkan tetap waspada dan selalu menjaga kesehatannya saat cuti lebaran nanti berlangsung. Kalau bisa, janganlah sakit saat Hari Raya Idul Fitri nanti tiba. Sebab dokter keluarga tunjukkan Badan Pelayanan Jaminan Sosial dipastikan tidak akan membuka praktik saat lebaran nanti.

"Biasanya (dokter keluarga) juga cuti lebaran selama sepekan. Ya namanya lebaran Mas (wartawan)," ‎kata Sutomo, Kepala Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten , Selasa (6/6/2017).

Lantas bagaimana seandainya ada peserta BPJS yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat lebaran nanti? Sutomo menegaskan, pasien bisa langsung mendatangi instalasi rawat darurat (IRD) RSUD atau ke puskesmas.

"Ya kalau hanya sakit biasa, kan bisa diobati sendiri dulu. Tapi kalau memang gawat-darurat, pasien BPJS bisa langsung datang ke IRD RSUD," jelas dia.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) , Baskoro menegaskan, ‎selama lebaran tidak ada puskesmas yang tutup. Mereka tetap membuka jam pelayanan kesehatan 1x24 jam nonstop. Begitu pun dengan petugas medisnya, baik dokter maupun perawat tetap disiagakan.

"Mereka berjaga secara bergantian," kata dia, di tempat terpisah.

Selain puskesmas, posko-posko kesehatan juga akan didirikan di beberapa lokasi strategis. Termasuk kendaraan emergency juga disiagakan selama pelayanan lebaran nantinya. "RSUD, dipastikan juga siaga lebaran," tandas dia. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO