Polres Pasuruan Siapkan 850 Personel untuk Amankan Pilkades

Polres Pasuruan Siapkan 850 Personel untuk Amankan Pilkades Para calon kades saat mengikuti apel.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2017 serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober mendatang, sebanyak 158 calon kepala desa di Kabupaten Pasuruan mengikuti apel pengamanan Pilkades 2017 di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Rabu (04/10) pagi.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, dan dihadiri Wakil Bupati Pasuruan Riang Kulup Prayudha, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf Mulliadi, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo, para Kepala OPD di jajaran Pemkab Pasuruan, dan ratusan peserta apel lainnya yang terdiri dari Satpol PP, Linmas, Kepolisian dan TNI.

Baca Juga: Polres Pasuruan Gelar Pengukuhan Komite Olahraga Polri

Usai apel, Raydian mengatakan, dalam pilkades serentak ini, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 850 personel yang akan ditugaskan di semua TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di 46 desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Selain personel kepolisian, pengamanan Pilkades juga akan diback up oleh 300 personel yang berasal dari Kodim 0819 Pasuruan dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

“Ada beberapa desa yang masuk wilayah hukum Polres Pasuruan Kota, jadi jumlah personel yang diback up langsung oleh Kota juga sebanyak 500 personel. Seluruhnya akan kita kerahkan pada saat pelaksanaan Pilkades, baik pada saat malam menjelang persiapan sampai dengan rekapitulasi penghitungan suara,” kata Raydian, sesaat setelah apel selesai dilaksanakan,

Kala ditanya soal potensi desa rawan konflik paska pilkada, Kapolres mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan pendekatan ke masyarakat untuk mengajak belajar berpolitik yang santun, serta menjaga kondusivitas wilayah masing-masing.

Baca Juga: Siap Amankan Pilkada 2024, Polres Pasuruan gelar Simulasi

“Terlepas dari menang atau kalah, saya minta kepada semua calon maupun pendukung kepala desa untuk sama-sama legowo dengan hasil apapun, karena pada intinya bukan memilih kepala desa saja, tapi mencari figur pemimpin yang akan membawa kemajuan bagi desa itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Mas Gagah, sapaan akrab Wakil Bupati Riang Kulup Prayudha mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk sama-sama berpartisipasi dalam Pilkades 2017. Tujuannya tak lain untuk sama-sama mencari sosok kepala desa yang dapat menjaga amanah serta keinginan warga desa yang akan dipimpinnya.

“Anggap saja ini seperti biasanya, jadi menang atau kalah itu adalah hal yang wajar. Maka dari itu, untuk para calon dan pendukung kepala desa saya minta untuk sama-sama berkomitmen menjaga keamanan desa masing-masing. Kita tunjukkan kedewasaan sebagai seorang penduduk atau bagian dari masyarakat,” ucap Gagah di sela-sela acara. (bib/par/rev)

Baca Juga: Satreskrim Polres Pasuruan Bongkar Kasus Pencabulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO