Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkot Madiun Galakkan Gemarikan

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkot Madiun Galakkan Gemarikan Pemateri dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun menyampaikan manfaat makan ikan kepada salah satu peserta. foto: HENDRO/ BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Ratusan siswa dan pendamping dari 12 sekolah dasar (SD) berpartisipasi dalam kegiatan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan lomba masak ikan yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Jumat (13/10).

Aksi ini merupakan upaya Pemerintah Kota Madiun agar warganya lebih gemar makan ikan. Pasalnya, konsumsi ikan di Kota Madiun tergolong masih rendah, baru 14,7 persen. Angka ini lebih kecil dibandingakan Provinsi Jawa Timur yang mencapai 23 persen

Baca Juga: Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Balai Kota Madiun

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, saat membuka acara menekankan pentingnya makan ikan, baik ikan air tawar maupun ikan laut.

"Ikan itu memiliki kandungan protein yang tinggi serta mineral-mineral yang penting bagi pertumbuhan otak anak. Karena itu, kita harus memasyarakatkan makan ikan, terutama bagi anak-anak," ujar Sugeng.

Masih dalam kesempatan yang sama, Muntoro Danardono, Plt kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menyatakan, pasokan ikan di Kota Madiun masih disuplai dari luar daerah. Sebab, belum ada pembudidaya ikan yang sifat besar.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Tak Golput dan Wujudkan Kondusivitas, Pemkot Madiun Gelar Penyuluhan Pilkada

Untuk itu, dia berupaya agar memberdayakan masyarakat dengan terus sosialisasi pentingnya memelihara ikan.

“Merubah kultur masyarakat yang tidak suka memelihara ikan menjadi suka itu tidak mudah. Jadi senantiasa kita sosialisasikan. Kita pelihara ikan di kolam ukuran 2 x 1 x 1 meter. Kalau dikelola dengan baik bisa mencukupi kebutuhan keluarga dan berangkat dari kecil ini bisa menjadi besar,” katanya. (hen/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO