Puting Beliung Landa Blitar, Tewaskan Satu Warga

Puting Beliung Landa Blitar, Tewaskan Satu Warga Salah satu pohon yang roboh akibat diterjang putting beliung.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda wilayah Kabupaten Blitar, Sabtu (31/3) sore. Puting beliung itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Beberapa Kecamatan di Kabupaten Blitar menjadi sasaran amukan puting beliung tersebut, di antaranya Kecamatan Garum, Ponggok, dan Nglegok. Namun yang paling parah di Kecamatan Nglegok.

Baca Juga: 1 Korban Longsor di Kesamben Blitar Akhirnya Ditemukan

Akibat kejadian itu, satu warga dilaporkan meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan saat berteduh. Selain menyebabkan korban jiwa, 8 tiang listrik ambruk, 5 di antaranya roboh menimpa rumah warga. Pohon-pohon besar juga roboh disapu angin. Sebagian ada yang menimpa rumah warga, sekolahan, hingga mobil, dan puluhan motor.

Satu korban jiwa yang meninggal tertimpa bangunan diketahui atas nama Kamsini (55) warga RT 02 RW 07, Dusun Bulu, Desa Modangan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. "Korban sedang berada di sawah saat kejadian. Saat hendak berteduh di gubuk, sebuah pohon besar roboh menimpa gubuk. Korban pun tertimpa reruntuhan gubuk dan pohon sebelum sempat menghindar," ungkap Kapolsek Nglegok AKP Agus Tri.

Setelah dievakuasi, korban sempat dibawa ke Puskesmas Nglegok untuk mendapatkan perawatan medis, namun nyawa korban tidak terselamatkan akibat luka di kepala. "Korban sempat dievakuasi ke Puskesmas Nglegok namun nyawanya tak tertolong," paparnya.

Baca Juga: Dua Korban Tanah Longsor di Kesamben Blitar Ditemukan Tewas

Pasca kejadian, beberapa ruas jalan di Kecamatan Nglegok sempat ditutup karena banyaknya pohon serta tiang listrik yang ambruk ke badan jalan. Warga dibantu petugas kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan TNI masih langsung melakukan gotong royong membersihkan reruntuhan pohon dan bangunan.

BPBD juga masih melakukan pendataan kepada warga yang rumahnya rusak tertimpa pohon tumbang. Hal itu termasuk menghitung jumlah kerugian yang diderita para warga. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO