Jumlah Fraksi DPRD Kediri Bertambah , Dewan Siapkan Ruangan Baru

KEDIRI-(BangsaOnline)

Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri kini tengah menyiapkan satu ruangan tambahan untuk ruang fraksi yang duduk di DPRD periode 2014-2019. Sebab, periode sebelumnya hanya terdapat 6 fraksi, dan periode ini kemungkinan akan ada 7 fraksi.

“Kemungkinan dalam periode kali ini akan ada 7 fraksi, makanya sebelum pengesahan fraksi, kami bersama sekretariatan dewan masih menyiapkan satu ruangan fraksi lagi,” kata ketua DPRD sementara H. Sulkani.

Sesuai perkiraan, dalam periode kali ini akan ada 7 fraksi. Masing-masing PDI Perjuangan 14 kursi (PDI Perjuangan 12 ditambah 1 kursi PBB dan 1 kursi PPP), PKB 9 Kursi, PAN 6 Kursi, Gerindra 6 Kursi, Golkar 5 Kursi, Nasdem 5 Kursi dan Partai Demokrat 4 kursi,. “Sementara 1 kursi dari PKS hingga saat ini belum menentukan gabung ke fraksi mana,” ujarnya.

Untuk bisa membentuk fraksi sendiri, kata Sulkani harus mempunyai anggota minimal sesuai jumlah komisi yang ada di DPRD Kabupaten Kediri. Yakni, 4 komisi. “Jika tidak sampai 4 anggota, maka untuk bisa menjadi satu fraksi, maka harus bergabung,” jelasnya.

Sukani menambahkan, pihaknya mentargetkan maksimal 2 minggu kedepan, fraksi – fraksi di DPRD sudah terbentuk dan disahkan. “Target kami maksimal 2 minggu fraksi sudah terbentuk, dan kemudian baru menyusun alat kelengkapan dan tata tertib DPRD,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO