​Inovasi Peningkatan Pangan Solusi Atasi Masalah Pertanian di Kota Madiun

​Inovasi Peningkatan Pangan Solusi Atasi Masalah Pertanian di Kota Madiun Sekda Kota Madiun Rusdiyanto saat membuka acara rakor.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Wali terpilih periode 2019-2024 Maidi menyatakan bahwa inovasi dalam peningkatan pangan di masih perlu dimaksimalkan. Sebab, masih ada sejumlah potensi yang belum digarap.

"Inovasi dalam peningkatan pangan sudah dilakukan, tapi setelah pangan itu meningkat untuk apa? Inovasi ini yang perlu dipikirkan," urai Maidi usai menjadi narasumber rakor dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian.

Inovasi yang diharapkan bisa meningkatkan manfaat dan peminatnya lebih besar, misalnya ia mencontohkan beras yang dibuat seperti kemasan mie instan.

"Bersih, dengan ukuran 2-3 gram sehingga langsung bisa dimasak. Tatkala inovasi ini ada, tentunya pertumbuhan ekonomi petani semakin bagus," sebut Mantan Sekda.

Sementara Sekretaris Daerah Rusdiyanto menyadari bahwa tak banyak memiliki Sumber Daya Alam (SDA). Bahkan, lahan produktif terus menyusut lantaran beralih fungsi. Untuk mengatasi hal tersebut Pemkot Madiun sudah menyiapkan regulasinya.

"Data lahan pertanian di hanya berkisar 901 hektar. Dua persen lahan pertanian menyusut lantaran beralih fungsi. Namun, sejumlah lahan khusus pertanian dipertahankan. Minimal lahan sudah diatur dalam Perda, yakni Perda RTRW 6/2011," jelas Rusdi.

Sekda berharap aset lahan pertanian yang minim ini dapat memberikan kontribusi besar. Salah satunya melalui berbagai inovasi di bidang pertanian. Sekda tak menampik hasil pertanian dan perkebunan saat ini baru sebatas pada budidaya padi ataupun tebu. 

"Inovasi diperlukan agar segala kebutuhan dari bidang pertanian dapat tercukupi secara mandiri," pungkas Rusdi. (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO