Gerebek Gudang di Sidoarjo, Polisi Amankan Puluhan Ribu Masker Tak Memenuhi Standar

Gerebek Gudang di Sidoarjo, Polisi Amankan Puluhan Ribu Masker Tak Memenuhi Standar Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Sumardji saat konferensi pers di Mapolresta Sidoarjo, Senin (9/3/2020).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satreskrim Polresta menggerebek sebuah pergudangan Safe N Lock blok B 2338 kawasan Kelurahan Rangkah, Kecamatan Kota.

Penggerebekan gudang di kawasan pergudangan Jalan Raya Lingkar Timur tersebut, dilakukan karena melakukan packing ulang masker dengan cara menambahkan tali dan diduga tidak memenuhi standar kesehatan.

Baca Juga: Kuatkan Sinergitas, Polresta Sidoarjo Beri Kejutan Bawa Tumpeng dan Kue untuk HUT TNI Ke-79

"Repacking tidak boleh. Harus memenuhi ketentuan/aturan. Harus ada izinnya, harus memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," ucap Kapolresta , Kombespol Sumardji, Senin (9/3/2020).

Dia menambahkan, puluhan ribu box masker tersebut di import dari China sejak dua tahun lalu. Barang itu dikirim langsung ke pergudangan safe n lock dengan nilai impor Rp 250 juta.

Setelah dipacking ulang, tiga jenis masker diantaranya masker anak-anak, hijab dan dewasa itu dijual di Jakarta dan Surabaya. "Dipasarkan di Jakarta, Surabaya dan sekitarnya," terangnya.

Baca Juga: Kampanyekan Pilkada Damai, Polresta Sidoarjo Sebar Imbauan Anti-Hoaks

Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan pemilik berinisial DS, warga Surabaya dan 39.234 box. "Gudang kami segel dan pemilik masih kita mintai keterangan," ungkapnya.

Akibat kejadian itu, tersangka dijerat pasal 196 UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 UU No. 8 tahun 1999 tentang perdagangan dan pasal 106 UU No. 7 tahun 2014 tentang perlindungan konsumen.

"Ancaman hukumannya 10 tahun dan denda Rp 1 Miliar," pungkas Kombes Pol Sumardji. (cat/dur)

Baca Juga: Pria Asal Bogor Dicokok Polisi di Sidoarjo Usai Pekerjakan 4 Anak di Bawah Umur sebagai PSK

Gudang merker di kawasan Rangkah yang digerebek Polresta .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO