Polda Jatim Ancam Jemput Paksa Bos Batu Bara

SURABAYA (bangsaonline) - Eunike Lenny Silas, tersangka kasus penipuan bisnis batu bara senilai Rp 3,2 miliar, mangkir dari panggilan penyidik untuk kedua kali. Lenny terancam dijemput paksa.

Ancaman jemput paksa itu disampaikan Kabid Humas Kombes Pol Awi Setiyono, Kamis (8/1/2015). Dia menjelaskan, Lenny yang merupakan Direktur PT Energy Lestari Sentosa (ELS) itu telah dipanggil dua kali untuk proses penyerahan tahap kedua kasus yang membelitnya, dari penyidik Polda ke jaksa penuntu Kejati.

Baca Juga: Mobil Adik Kandung Diresnarkoba Polda Jatim Dirampas 9 Orang Ngaku Debtcollector TAF

Namun, hingga kini Lenny tidak hadir. Hanya Usman Wibisono, rekan Lenny yang juga tersangka, yang memenuhi panggilan dan sudah melaksanakan proses tahap dua. "Ya kita panggil lagi (Lenny). Kalau tidak datang lagi akan lakukan perintah panggilan (paksa). Kan sudah kita kasih kompensasi," kata Awi.

Sebenarnya, penyerahan tahap kedua kasus ini dijadwalkan penyidik Desember 2014. Penyerahan dilakukan setelah berkas tersangka Lenny dan Usman dinyatakan P21 oleh Kejati. Penyerahan urung dilakukan karena Lenny tak hadir. Melalui pengacaranya, Lenny meminta penundaan waktu. Tapi hingga dipanggil dua kali dia tetap mangkir.

Kasus ini bermula ketika PT ELS melalui Lenny meminjam batu bara sebanyak 11 ton  ke PT SLES, September 2012 lalu. Peminjaman disetujui asalkan batu bara itu dikembalikan seminggu kemudian.

Baca Juga: Modal Pistol Mainan, 4 Pria di Sidoarjo Pura-Pura Jadi Polisi Peras Pemakai Sabu

Setelah seminggu, ternyata ELS tak mengembalikan batu bara yang dipinjam ke SLES. Setelah ditagih, Lenny berjanji menggantinya dengan giro senilai Rp 3,2 miliar. Ternyata giro yang diberikan Lenny kosong. Akhirnya pelapor, PT SLES, melaporkan Lenny dan rekannya ke .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO