​Lamongan HUT ke-451, Khofifah Ajak Jadi Pelecut Perang Melawan Covid-19

​Lamongan HUT ke-451, Khofifah Ajak Jadi Pelecut Perang Melawan Covid-19 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi penghargaan kepada Bupati Lamongan Fadeli. Foto: ist/bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat atas Hari Jadi ke 451 untuk Kabupaten yang dirayakan hari ini, Selasa (26/5/2020). Ia berharap Kabupaten terus berjaya dan membawa sejahtera bagi masyarakatnya.

"Selamat Hari Jadi untuk Kabupaten yang ke 451. Mudah-mudahan terus berjaya, terus menuai sukses dan terus memberikan manfaat yang besar bagi seluruh warga ," ucap Gubernur Khofifah.

Baca Juga: Polres Lamongan Amankan 11 Tersangka Pengedar Narkoba, 2 di antaranya Pasutri asal Surabaya

Lebih lanjut gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini mengajak agar tema yang diusung dalam Hari Jadi Kabupaten yang ke 451 ini bisa diilhami oleh seluruh warga Kabupaten . Yaitu menjadikan spirit Hari Jadi Kabupaten yang ke 451 sebagai semangat mencegah penyebaran pandemi covid-19.

Khofifah mengatakan, mencegah penyebaran pandemi covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah. Butuh partisipasi dan gotong rotong seluruh pihak agar pandemi covid-19 bisa segera teratasi.

"Mari kita jadikan spirit hari jadi ini sebagai pelecut semangat agar Kabupaten memenangkan perang melawan pandemi covid-19," tegasnya.

Baca Juga: Amanat Plt Bupati Lamongan di Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Masyarakat harus perlahan menerapkan kebiasaan normal baru dengan terbiasa menggunakan masker, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak atau physical distancing dan juga tidak keluar rumah kecuali dalam keadaan yang sangat urgen.

Terlebih kasus infeksi covid-19 di Kabupaten hari ini masih terbilang tinggi. Kabupaten menempati urutan ke empat di Jawa Timur untuk daerah dengan kasus konfirmasi covid-19 tertinggi. Di mana hari ini ada sebanyak 87 kasus warga yang terkonfirmasi positif covid-19.

Karenanya Gubernur Khofifah berharap agar masyarakat berperan aktif dalam menekan penyebaran pandemi covid-19. Peran tersebut tidak harus dimulai dengan effort langkah yang besar, melainkan cukup dimulai dari setiap masing-masing individu untuk memulai langkah terkecil dengan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.

Baca Juga: Lewat Metode Budi Daya Greenhouse, Produksi Melon di Lamongan Meningkat

"Menggunakan masker bisa menekan penyebaran covid-19 hingga 60 persen," tegas Gubernur Khofifah yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Sosial RI ini.

Selain itu, ia juga mengingatkan pada seluruh warga Jawa Timur untuk menahan dulu kegiatan mudik maupun silaturahim di momen Syawal ini. Tetap mempertahankan gerakan di rumah saja adalah langkah terbaik yang bisa diambil saat ini, dan mengganti silaturahim secara virtual.

Terutama karena persentasi OTG yang dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 di Jatim juga masih terus meningkat. Dimana saat ini angkanya mencapai 34 persen yang berpotensi positif covid-19.

Baca Juga: Resmikan YES Corner Perpusda Lamongan, Bupati Yuhronur Sumbang Ratusan Buku Pribadinya

"Dan pesan kami untuk Pemkab , jangan lelah menyisir warga Kabupaten yang terdampak covid-19 dan menyapa mereka yang masih belum tersisir bantuan dengan menyalurkan bansos dari dana hasil refocussing anggaran APBD Kabupaten . Semangatnya adalah kita ringankan bersama beban mereka dari dampak pandemi covid-19," kata Khofifah. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO