Tinjau Desa Tangguh Pendem, Khofifah: Keberhasilan Bergantung dari Partisipasi Masyarakat

Tinjau Desa Tangguh Pendem, Khofifah: Keberhasilan Bergantung dari Partisipasi Masyarakat Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Kampung Tanggung di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Rabu (27/5)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau Kampung Tangguh RW 1 Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Rabu (27/5).

Kedatangan orang nomor satu di Pemprov Jatim itu unuk memastikan kesiapan masyarakat tingkat RT/RW dan Desa dalam membangun komitmen penghentian Covid-19 di , Jatim. dan Indonesia.

Baca Juga: Festival Tabebuya Kota Batu Pukau Wisatawan, Pj Aries Harap Jadi Agenda Tahunan yang Paling Dinanti

"Terima kasih kepada warga Pendem. Kedatangan kembali ke Malang Raya, khususnya untuk memastikan bahwa kampung tangguh yang tersebar di malang Raya," ujar Khofifah kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (27/5).

Ia megungkapkan jika sebelumnya juga sempat melihat kampung tangguh di Kota dan Kabupaten Malang. Karena seluruh hal yang terkait dengan upaya menghentikan Covid-19 akan sangat bergantung dari partisipasi di masyarakat.

"Kampung Tangguh Pendem ini bagian dari sosial kapital yang dimiliki . Seperti ini (kampung tangguh.red) akan efektif dan bisa menjadi role model di desa lain," bebernya.

Baca Juga: Batu Shining Orchid Week 2024, Bikin Kota Batu Jadi Perhatian Pecinta Anggrek Tanah Air

Karena, lanjut dia, semua masyarakat saling menjaga mulai hormat administratif sejak Maret, memiliki lumbung pangan, dan ada tempat transit sementara bagi masyarakat yang berkunjung untuk screening.

Wali , Dra. Dewanti Rumpoko M.Si menambahkan, untuk telah memiliki kampung tangguh di Songgokerto, Temas, dan Sisir. Konsepnya sama saja, hanya tinggal menyamakan SOP.

"Harapannya dengan adanya Kampung Tangguh, ketika ada pandemi seperti ini masyarakat bisa mandiri. Serta menjadi contoh bagi yang lainnya untuk mengahadpi situasi terburuk dalam bencana," beber Dewanti.

Baca Juga: Usung Sigap Pilkada Damai, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Batu

Perlu diketahui, Kampung Tangguh Pendem menerapkan sejumlah protokol untuk mencegah penyebaran Covid-19. Antara lain, setiap warga keluar masuk akan didata. Pintu masuk kampung dijaga oleh relawan dan hansip.

Selain itu, di pintu masuk disiapkan tempat cuci tangan. Kemudian, screening Covid-19 dengan disinfektan. Tersedianya lumbung pangan dari warga untuk warga berupa bahan sembako.

Serta swadaya masyarakat untuk pelayanan 1x24 jam. Adanya buku laporan bentuk kendali atau pendataan setiap warga yang masuk. Hingga ada relawan yang siap ketika ada pasien Covid-19 yang meninggal untuk pemakaman.

Baca Juga: Masuk Batas Waktu dari Satpol PP, Sejumlah PKL Sultan Agung Kota Batu Enggan Bongkar Kios

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, serta Wawali Batu, Kajari, dan Kepala OPD Pemkot Batu. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO