Kampung Tangguh Semeru di Senori Siap 100 Persen

Kampung Tangguh Semeru di Senori Siap 100 Persen Simulasi pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Tangguh Semeru (KTS) yang digagas oleh Kapolda Jatim ternyata sudah sampai jajaran tingkat bawah.

Terbaru, Dusun Kedungkebo, Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten sudah membentuk KTS, Sabtu (30/5). Kampung Tangguh di kawasan Selatan ini agak berbeda dengan desa lainnya. Pasalnya, di kampung tersebut masyarakat sudah menyiapkan segalanya.

Baca Juga: Polres Tuban Geledah Dua Rumah Warga, Dicurigai Jadi Tempat Peredaran Narkoba

Termasuk, kebutuhan pembuatan Posko Kampung Tangguh, Lumbung Pangan, Rumah Isolasi untuk laki-laki dan wanita, serta Pusat Informasi KTS.

Kapolsek Senori, AKP Musa Bahktira mengatakan, selain menyiapkan berbagai fasilitas, para relawan yang bertugas di KTS telah dilatih kusus. Terutama, untuk menangani setiap permasalahan yang berhubungan dengan penanganan Covid-19.

Baca Juga: Kades Mlangi Tuban Diperiksa Polisi Terkait Perusakan Rumah Warga

"Kampung tangguh ini dibentuk agar bisa mengatasi dampak Covid-19. Terutama dalam mengatasi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya di masyarakat," papar Musa sapaan akrabnya.

Musa menambahkan, KTS merupakan pilot project kolaboratif dengan stakeholder yang berupa gerakan atau aksi nyata. Terlebih, di daerah yang ditunjuk karena terindikasi penyebaran Covid-19, serta menitik beratkan keterlibatan elemen masyarakat yang aktif secara personal maupun kelompok.

"Ya tujuannya untuk memutus atau mengurangi atau meredam mata rantai penyebaran Covid-19 di teritori tertentu," harapnya.

Baca Juga: Pemkab Tuban Dapat Hibah Pesawat TNI AL

Ia berharap, adanya gerakan ini dapat menimbulkan kesadaran dan semangat masyarakat agar waspada terhadap penyebaran Covid-19. Selain itu, bisa membangun solidaritas, kemampuan dan kemandirian dalam rangka meminimalisir dampak sosial, ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Tadi para relawan juga melakukan simulasi prosedur protokol kesehatan terhadap warga pendatang maupun penjemputan warga yang terindikasi Covid-19. Jadi ini merupakan aksi nyata untuk menangani Covid-19 di bumi wali," paparnya.

Baca Juga: Diduga Rusak Bangunan, Pemdes Mlangi Dilaporkan Warga ke Polisi

Sementara itu, dalam simulasi itu disaksikan secara langsung oleh Ketua DPRD H. Miyadi, Kapolres AKBP Ruruh Wicaksono, Dandim 018 Letkol Filiala Romadhon, dan Forpimcam Senori.

Para relawan yang telah dilatih kusus tersebut memperagakan cara memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas dengan prosedur penanganan pasien Covid-19. Kegiatan simulasi diakhiri dengan tatacara pemulasaraan jenazah sesuai dengan prosedur penanganan jenazah pasien Covid-19.

"Semoga keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19, serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul," tutupnya. (wan/rev)

Baca Juga: Pelayanan SPBU Mulung Tuban Tak Profesional, Pertamina Siap Turun Tangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO