Hasil Swab Test Keluar, Pasien PDP Asal Pesanggrahan Dinyatakan Positif

Hasil Swab Test Keluar, Pasien PDP Asal Pesanggrahan Dinyatakan Positif Ilustrasi

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, yang meninggal 4 Juni 2020, akhirnya dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil swab test-nya keluar kemarin (10/6). Hal ini disampaikan M. Chori, Jubir Gugus Tugas Percepatan Covid-19 , Kamis (11/6).

Dijelaskannya, pada tanggal 13 Mei 2020 almarhumah tiba di Batu setelah dari Gresik. Selanjutnya, tanggal 21 Mei 2020 dia mengeluh sakit, badan lemas, kecapekan, dan sesak napas.

Baca Juga: Festival Tabebuya Kota Batu Pukau Wisatawan, Pj Aries Harap Jadi Agenda Tahunan yang Paling Dinanti

"Kebetulan yang bersangkutan punya riwayat penyakit jantung dan hipertensi. Selanjutnya yang bersangkutan dibawa ke RS Karsa Husada guna menjalani perawatan," terangnya.

Selama menjalani perawatan, kondisi pasien mulai membaik sehingga pasien dibolehkan pulang. Namun, pada tanggal 2 Juni 2020 malam pasien mengeluh sesak, dan keesokan harinya tanggal 3 Juni 2020 dibawa ke RS Karsa Husada.

Hasil diagnosa, pasien ditetapkan sebagai PDP Covid-19 karena hasil rapid test-nya reaktif dan ada pneumonia. Maka pada saat itu juga dilakukan swab test serta menjalani perawatan di ruang isolasi. Namun, kondisinya terus memburuk, dan keesokan harinya, tanggal 4 Juni 2020 pasien meninggal dunia.

Baca Juga: Batu Shining Orchid Week 2024, Bikin Kota Batu Jadi Perhatian Pecinta Anggrek Tanah Air

"Sebelumnya almarhumah tinggal di Gresik bersama suaminya sebagai pedagang ayam di pasar dan telah meninggal tanggal 24 Mei 2020. Berdasarkan hasil tes PCR, suami almarhumah juga positif Covid-19, sehingga kemungkinan besar almarhumah tertular dari almarhum suaminya," tuturnya.

Sedangkan selama di Batu, almarhumah tinggal bersama 2 orang anaknya dan keduanya juga sudah dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil non reaktif. Kedua anaknya juga sudah melakukan isolasi mandiri sejak tanggal 5 Juni 2020.

Sementara itu, kabar menggembirakan dari Dinkes . Pasien konfirm positif ke-9 dari Kelurahan Temas dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Usung Sigap Pilkada Damai, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Batu

"Bagi pasien yang dinyatakan sembuh berarti kondisinya sudah sehat, namun tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat serta mengikuti protokol kesehatan," katanya. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO