Temui Fadeli, Bawaslu Jatim Jamin Akhir Januari Sudah Lantik Panwaslu

Temui Fadeli, Bawaslu Jatim Jamin Akhir Januari Sudah Lantik Panwaslu Ketua Bawaslu Jatim lakukan audiensi dengan Bupati Lamongan dan Sekkab Lamongan. Haris/BangsaOnline

LAMONGAN (BangsaOnline) - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim Andreas Pardede menjamin Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kota sudah akan dilantik diakhir Januari 2015. Peryataan tersebut disampaikannya saat beraudiensi dengan Bupati Lamongan Fadeli di Ruang Kerja Bupati, Selasa (13/1).

Dikatakan Andreas, Bawaslu sudah merampungkan tes tulis dalam rangka persiapan pembentukan Panwaslu di 16 kabupaten/kota Jatim yang akan mengadakan pemilihan kepala daerah pada Desember 2015.

"Tujuan kami kesini untuk melakukan sosialisasi kepada 16 kabupaten/kota di Jatim yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada Desember nanti. Salah satu persiapan terkait itu adalah pembentuka Panwaslu kabupaten dan kota, "ungkap Andreas Pardede.

Pembentukan Panwaslu baru itu menurut dia karena Panwaslu sebelumnya tugasnya hanya pada pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden.

"Juga akan ada konsekwensi terkait penganggaran yang menjadi ranah pemerintah daerah. Terutama persoalan pengawas pemilu yang sebelumnya hanya sampai tingkat desa, nanti aka nada sampai dengan tingkat TPS," imbuh dia.

Bupati Fadeli menyebut adanya penambahan anggaran tersebut tentu saja menjadi keniscayaan bagi pemerintah daerah. Namun dia meminta ada gudence dari Bawaslu terkait pemilihan kepala daerah 2015.

Hal itu terutama dengan begitu banyaknya wacana yang berseliweran di media massa terkait tahapan pemilihan kepala daerah. Meski saat ini sudah ada payung hukum berupa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014.

"Terkait proses pembentukan Panwaslu, saya serahkan sepenuhnya kepada Bawaslu, " kata Fadeli.

Selain Lamongan, diantara 16 kabupaten/kota Jatim peserta pemilihan kepala daerah yang sudah dikunjungi Bawaslu adalah Kabupaten Kediri, Kota Blitar dan Kabupaten Jember. Nampak dalam audensi ini, Sekkab Lamongan, Yuhronur Effendi dan beberapa instansi terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO