Muafiyah, Mujid dan Ponco Kandidat Pimpinan Kolektif PDIP Gresik

GRESIK (BangsaOnline) - Seleksi calon ketua DPC PDIP Kabupaten Gresik periode 2015-2010 sudah rampung dilakukan oleh DPP yang memberikan mandat kepada DPD PDIP Jatim, Sabtu (7/2). Dari 10 kandidat ketua yang mencalonkan diri dan dicalonkan hanya lima yang lolos. 

Sedangkan, lima calon yang lain tidak lolos. Ke lima calon yang lolos itu adalah, Bendahara DPC PDIP, Ir Hj Siti Muafiyah, Wakil Ketua II DPC PDIP, Mujid Riduan, Wakil Sekretaris DPC PDIP, Ponco Pratikno, Ketua PAC Cerme, Mulyono, dan Wakil Ketua DPC PDIP Bidang Organisasi, Musthofa.

Sedangkan, lima calon ketua yang tidak lolos adalah, Ketua DPC periode 2010-2015, Hadi Kusono, Wakil Bendahara DPC PDIP, Noto Utomo, Wakil Ketua DPC, Uman, Ketua BK DPC PDIP, Jumanto dan Sumiati mantan pengurus DPD PDIP Jatim.

Konon, ke lima calon ketua PDIP yang lolos tersebut dikenal maju mencalonkan ketua DPC periode 2015-2010 bermodalkan idealis. Artinya, mereka hanya bermodal loyalitas kepada partai. Sadangkan, ke lima calon yang tumbang bermodal uang (kapitalis).

"Memang Mas lima calon ketua yang lolos dikenal orang-orang idealisnya ke partai tinggi, sedangkan para calon yang tidak lolos orang-orangnya dikenal berduit," kata salah satu pengurus DPC yang enggan namanya dikorankan, Senin (9/2).

Dari lima kandidat yang lolos itu, kabarnya DPP sudah menggadang 3 calon untuk dipaketkan (kolektif) menduduki pucuk pimpinan DPC PDIP periode 2015-2020. Mereka adalah Ir Hj Siti Muafiyah yang akan diplot menjadi ketua. Kemudian, antara Mujid Riduan dan Ponco Pratikno diplot menjadi Sekretaris dan Bendahara.

Sementara kandidat Ketua DPC periode 2015-2020, Mujid Riduan mengatakan, lima calon ketua DPC yang lolos itu melalui seleksi sangat ketat. Baik seleksi tulis, kepribadian, psikologi maupun seleksi loyalitas mereka kepada partai.

"Seleksi yang dilakukan tim sangat fair dan tidak ada unsur rekaya bahkan like and dislike," kata Mujid, Senin (9/2).

Menurut Mujid, calon ketua DPC PDIP dinyatakan lolos seleksi berdasarkan beberapa hasil materi yang diujikan. Di antara materi yang diujikan dan jadi pertimbangan tim seleksi adalah, 5 mantap.

Pertama, mantap organisasi, dimana calon ketua dianggap mampu membentuk pengurus organisasi mulai tingkat ranting hingga PAC. Minimal di tingkat ranting bisa membentuk 7-9 pengurus dan tingkat PAC 9-11 pengurus.

Kedua, mantap idiologi, dimana calon ketua harus loyal dan memiliki idiologi kuat untuk kebesaran partai. Ketiga, mantap kaderisasi, dimana calon ketua DPC harus bisa menjalankan intruksi partai seperti lakukan rapat setelah ada kebijakan partai (DPP).

Keempat, mantap program, dimana calon ketua harus bisa menjalankan program partai seperti mencari konstituen, melakukan program-program untuk membantu kepentingan masyarakat dan lainnya. Dan kelima, mantap SDM (sumber daya manusia), dimana calon ketua harus bisa menjadi seorang struktural yang mampu menggerakkan roda partai dan mampu menjalankan tiga pilar partai.

"Calon-calon ketua nanti harus bisa menjalankan 5 mantap itu," terang politisi muda PDIP asal Menganti ini.

Mujid menambahkan, dari lima calon ketua yang lolos seleksi nantinya, akan diusung ke DPP untuk dikerucutkan menjadi 3 calon. Nah, dari tiga calon tersebut pada Konfercab yang dijadwalkan digelar pertengahan Maret 2015, akan ditentukan siapa ketuanya. Kemudian, ketua terpilih bersama formatur akan menentukan kepengurusan.

"Siapapun yang terpilih menjadi ketua nanti, dia adalah yang terbaik bagi DPP dan ," pungkas Mujid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO