​Lantik Pergunu Banda Aceh, Kiai Asep Beber 7 Kunci Sukses Belajar

​Lantik Pergunu Banda Aceh, Kiai Asep Beber 7 Kunci Sukses Belajar Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. (kanan) dan Dr. Saifullah Idris (kiri). foto: mma/ bangsaonline.com

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama () Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. melantik Pengurus Cabang Banda Aceh di Balai Kota Banda Aceh, Jumat (26/12/2020). Pelantikan itu dihadiri Pj. Sekkota Banda Aceh Muzakkir mewakili Wali Kota Aceh yang berhalangan hadir.

Yang menarik, usai Kiai Asep menyampaikan pemaparan tentang pendidikan, beberapa peserta bertanya, bagaimana cara dan kiat agar sukses mendirikan pondok pesantren seperti Kiai Asep Saifuddin Chalim.

Baca Juga: Elektabilitas Terus Melejit, Khofifah: Banyak Doa Kita Temukan di Pasar

“Agar kami di Aceh bisa meniru kiat-kiat untuk mendirikan lembaga pendidikan atau pondok pesantren. Sebab hari ini banyak tokoh yang hadir,” kata seorang peserta.

Kiai Asep yang sukses mendirikan Pondok Amanatul Ummah langsung menjawab, bahwa kiatnya adalah memilki cita-cita tinggi untuk mempunyai sekolah terbaik. “Sebab Allah sangat suka pada orang yang punya cita-cita tinggi dan tidak suka pada orang yang bercita-cita rendah,” kata Kiai Asep yang kini memiliki 10.000 santri.

Baca Juga: Ketum Pergunu Prof Kiai Asep: Ratu Zakiyah Simbol Idealisme Kita

Kiai Asep mengakui bahwa dirinya sempat malu punya cita-cita tinggi karena saat itu tak sesuai dengan kondisi dirinya. Tapi setelah ia menemukan Hadits bahwa Allah sangat suka pada manusia yang punya cita-cita tinggi dan tidak suka pada manusia bercita-cita rendah, akhirnya ia percaya diri dan merasa memiliki pegangan dalam mengembangkan pendidikan.

“Kita harus berupaya keras dan tawakkal kepada Allah,” kata kiai miliarder yang dermawan itu. Menurut Kiai Asep, suksesnya cita-cita itu adalah ketentuan Allah SWT. 

“Allah yang memastikan dan mengegolkan cita-cita kita,” katanya.

Baca Juga: Kiai Asep Bentuk Saksi Ganda Mubarok dan Khofifah-Emil, Gus Barra Siap Biayai Siswa Berprestasi

Karena itu Kiai Asep minta semua peserta acara pelantikan Banda Aceh aktif salat malam. Sebab salat malam, tutur Kiai Asep, bisa jadi kendaraan kita untuk meraih cita-cita. “Saya menemukan salat malam minaddu’a alladzi la yuraddu, yaitu doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT dalam kitab Ihya Ulumiddin di bab an-Nawafil,” kata Kiai Asep.

Kiai Asep kemudian mengungkap 7 kunci sukses dalam belajar. “Pertama, murid yang berkesungguhan dalam belajar,” kata Kiai Asep.

Kedua, kata Kiai Asep, jika makan tidak sampai kenyang. Ketiga, selalu punya wudlu. Artinya, jika wudlu batal, langsung berudlu lagi. Keempat, tarkul ma’ashi, yaitu meninggalkan perbuatan maksiat. Kelima, salat malam. Keenam, membaca al-Quran binnadzri. Yaitu membaca dengan melihat (tulisan) Al-Quran. Ketujuh, makan makanan halal, bukan makanan haram.

Baca Juga: Kiai Asep Yakin Mubarok Menang dalam Pilkada Mojokerto 2024, Inilah Target Kemenangannya

Menurut Kiai Asep, 7 kunci itu akan melahirkan murid yang pintar. “Murid pandai, ilmunya berkah,” kata Kiai Asep.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Kiai Asep dan rombongan berada di Aceh selama 4 hari, mulai Rabu (23/12/2020) hingga Sabtu (26/12/2020) pagi.

Baca Juga: Kagumi Prestasi Amanatul Ummah, Kementerian Pendidikan Malaysia Studi Banding ke Pacet Mojokerto

Kiai Asep dan rombongan sempat dijamu makan malam di Pendopo Gubernur Aceh. Dalam jamuan makan malam itu, Kiai Asep dan rombongan ditemui Kepala Dinas Syariah Islam Aceh Dr. Emka Elidar mewakili Gubernur Aceh yang berhalangan hadir.

Lalu pada Kamis (24/12/2020), Kiai Asep melantik PC Aceh Besar. Dalam acara itu Kiai Asep juga jadi pembicara seminar bersama Ketua PWNU Aceh Tgk H Faisal Ali.

Kiai Asep dan rombongan lalu ziarah ke makam Syaikh Kuala, yakni Syaikh Abdurrouf As-Sinkili. Usai dari makam waliyullah ini, Kiai Asep dan rombongan salat jamaah maghrib di Masjid Baiturrahman Banda Aceh. Lalu meneruskan ziarah ke makam Habib Abu Bakar.

Baca Juga: Gus Nasrul: Banyak Sarjana Muslim yang Belum Paham Salat

Pada Jumat (25/12/2020) pagi, Kiai Asep melantik PC Banda Aceh di Balai Kota Banda Aceh. Hadir dalam acara itu Pj Sekda Banda Aceh Muzakkir, mewakili Wali Kota Banda Aceh.

Selama di Aceh, Kiai Asep didampingi Ketua PW Aceh Muslem Hamdani, Ketua PC Aceh Besar Khasanda. Ketua PC Banda Aceh Fahrul Rizal, dan pengurus yang lain, disamping Wakil Rektor UIN Ar-Raniri Dr Saifullah Idris.

Rombongan Kiai Asep terdiri dari KH Fathurrohman, Wakil Ketua PCNU Surabaya, M Mas'ud Adnan, owner HARIAN BANGSA dan bangsaonline.com, Mohammad Santoso, anggota DPRD Mojokerto, dan Dr. Fadly Usman, dosen Universitas Brawijaya Malang. (tim)

Baca Juga: Menteri Sandiaga Uno Gunting Pita Monumen KH Abdul Chalim, Resmikan Desa Wisata Religi Leuwimunding

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dulu Banyak Sinis dan Tertawa, Kini Miliki 12.000 Santri, ini Ijazah Amalan Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO