Dispendik Gresik Gelontorkan Rp 13 M untuk Seragam Gratis Sekolah Negeri dan Swasta

Dispendik Gresik Gelontorkan Rp 13 M untuk Seragam Gratis Sekolah Negeri dan Swasta

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik tahun ini menggelontorkan anggaran dari APBD 2021 sebesar Rp 13 miliar. Anggaran sebesar itu dialokasikan untuk pengadaan seragam guna membantu siswa baik sekolah negeri maupun swasta.

"Tahun ini kita anggaran Rp 13 miliar untuk bantuan seragam gratis bagi siswa negeri dan swasta, " kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendik Gresik S. Hariyanto kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (7/8/2021).

Dijelaskan Hariyanto, bantuan seragam diberikan kepada siswa SDN dan SMPN, serta siswa SD/MI dan SMP/MTs (madrasah tsanawiayah). Untuk jumlah siswa penerima, saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi terhadap masing-masing sekolah.

"Sesuai schedule untuk pemberian (seragam) akan diberikan bersamaan BOS pertengahan bulan Agustus," jelas dia.

Hariyanto lebih jauh menjelaskan, masing-masing siswa negeri baik SDN maupun SMPN mendapatkan alokasi bantuan untuk seragam Rp 600 ribu. "Sedangkan untuk SD dan MTs yang dikelola lembaga swasta menerima bantuan seragam senilai Rp 250 ribu masing-masing siswa," bebernya.

Tahap awal, kata Hariyanto, diberikan 2 stelan berupa seragam batik dan olaharga. Sedangkan 2 stelan seragam warna putih dan biru, serta pramuka akan diberikan setelah Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2021, lantaran waktu pengadaannya mepet.

"Saat ini, pencairan uang seragam baru dilakukan terhadap sekolah swasta," ucap Hariyanto.

Ia menambahkan, bahwa bantuan seragam siswa berupa uang tunai di Kabupaten Gresik ini tidak berlaku bagi lembaga sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Madrasah Tsnawiyah (MTs). (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO