IAIN Jember Wajibkan Calon Mahasiswa Baru Lampirkan Hasil Tes Lab. Narkoba

JEMBER (BangsaOnline) - Institut Agama Islam Negeri Jember (IAIN) mengeluarkan kebijakan baru terkait penerimaan Mahasiswa baru Tahun ajaran 2015/2016. Disebutkan, Calon Mahasiswa diwajibkan melampirkan hasil tes uji , sebelum akhirnya dinyatakan sebagai Mahasiswa IAIN Jember. Hal ini terungkap saat rektorat IAIN Jember menggelar konverensi pers selasa (24/3), di ruang sidang IAIN Jember.

Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto menjelaskan, peredaran narkoba sudah mulai merebak hingga lembaga pendidikan. Faktor utamanya ialah, mahasiswa dan pelajar sebagai mangsa utama perdearan barang haram tersebut. 

Baca Juga: Miris Peredaran Narkoba di Blitar, Mulai Libatkan Anak-anak di Bawah Umur

“Memang yang di cari itu yang muda karena masih gampang tergoda, saat ini saya lihat dari data yang ada, kebanyakan pasar empuk bagi pengedar adalah mahasiswa,” ungkapnya.

Akibatnya, moral generasi penerus bangsa banyak yang rusak. Bahkan, telah mengakibatkan jutaan nyawa melayang sia-saia. Dalam rangka memerangi peredaran , Babun melanjutkan, pihaknya menerbitkan kebijakan seluruh Mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016, diwajibkan mengikuti tes urine untuk memastikan yang bersangkutan bebas dari . Menurutnya, kebijakan itu, sebagai benteng untuk mencegah peredaran narkoba di dalam kampus. 

“Jika nanti dalam tes narkoba ada yang positif mengkonsumsi narkoba, maka yang bersangkutan dinyatakan didiskualifikasi, meski secara administrasi dan hasil ujian masuk kampus telah dinyatakan lulus,” jelasnya kepada awak media. 

Baca Juga: Polres Situbondo Gerebek Pesta Sabu di Desa Buduan, Amankan 1 Orang dan 2,3 Gram BB

Kebijakan itu, Babun melanjutkan sebagai langkah awal untuk memerangi narkoba. Ke depan, tes narkoba akan dilakukan menyeluruh kepada civitas akademik IAIN Jember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kejari Gunungkidul Musnahkan Belasan Barang Bukti Tindak Pidana':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO