Kotak Amal Masjid Al Uswah Tuban Digondol Maling, Aksi Pelaku Terekam Kamera CCTV hingga Viral

Kotak Amal Masjid Al Uswah Tuban Digondol Maling, Aksi Pelaku Terekam Kamera CCTV hingga Viral Aksi pelaku terekam kamera CCTV milik warga setempat dan tersebar luas di sejumlah grup WhatsApp sehingga menjadi viral.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Kotak amal Masjid SDIT Al Uswah di Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban nyaris digondol maling, Senin (20/12).

Aksi pencurian yang dilakukan seorang pemuda itu terjadi sekira pukul 02.50 WIB. Beruntung, pelaku gagal membawa kotak amal karena aksinya keburu diketahui salah satu warga.

Baca Juga: Polres Tuban Geledah Dua Rumah Warga, Dicurigai Jadi Tempat Peredaran Narkoba

Selain itu, aksi tersebut juga terekam kamera CCTV milik warga setempat hingga tersebar luas di sejumlah grup WhatsApp dan menjadi viral.

“Aksi pelaku terekam kamera CCTV,” ujar salah satu guru SDIT Al Uswah Tuban, Niam.

Dalam rekaman video berdurasi beberapa detik itu, nampak seorang pemuda memasuki Masjid SDIT Al Uswah sekira pukul 02.50 WIB. Selang beberapa menit kemudian, pemuda itu kembali keluar sambil memanggul kotak amal masjid.

Baca Juga: Kades Mlangi Tuban Diperiksa Polisi Terkait Perusakan Rumah Warga

"Pelaku membawa kabur kotak amal dengan cara dipanggul. Setelah ketahuan warga, kotak amal ditinggal sekitar 500 meter dari lokasi kejadian. Lalu, pelaku dengan mengenakan kaos langsung kabur melarikan diri," jelasnya.

Ia menerangkan, pelaku masuk ke kawasan masjid melalui pintu samping yang saat itu kondisinya tidak terkunci. “Kelihatannya pelaku tidak pakai sepada motor dan kotak amal dipikul oleh pelaku,” ungkap Niam.

Pelaku sempat berusaha membuka kotak amal dengan menggunakan tangan kosong, namun gagal. Pelaku kemudian memutuskan membawa kotak amal tersebut. Beruntung, aksinya diketahui salah satu warga.

Baca Juga: Tinggal Sendirian, Nenek yang Tanahnya Digugat Sengketa di Tuban Ditemukan Tewas

“Pelaku tidak berhasil membongkar kotak amal, karena diketahui warga. Sekarang kotak amal sudah dikembalikan ke masjid,” jelas Niam.

“Kerugian nihil karena kotak amal tidak bisa dibongkar,” tambah Warga Kecamatan Soko itu.

Anggota Polsek Kota Tuban sudah bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan sejumlah saksi.

Baca Juga: Diduga Rusak Bangunan, Pemdes Mlangi Dilaporkan Warga ke Polisi

“Petugas sudah menemui pengurus masjid, namun pengurus tidak mau melaporkan kejadian itu karena tidak ada kerugian materi,” ungkap Kapolsek Tuban, Iptu Riyanto. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Wanita ini Terekam Kamera CCTV Mencuri Tas Jamaah Masjid Al Hakim, Ternyata Sudah Sering Beraksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO