Wujudkan Sekolah Berwawasan Lingkungan, SMAN 2 Batu Gelar Diklat Kader Adiwiyata

Wujudkan Sekolah Berwawasan Lingkungan, SMAN 2 Batu Gelar Diklat Kader Adiwiyata Pemaparan materi diklat Kader Adiwiyata yang digelar SMAN 2 Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mewujudkan lingkungan sekolah yang berwawasan lingkungan, SMA Negeri 2 Batu menggelar Diklat kader Adiwiyata bertajuk 'Eco Warriors of Audams: Pemimpin perubahan lingkungan berkelanjutan', Selasa (24/9/2024).

Kepala SMAN 2 Batu, Anto Dwi Cahyono, menyebut Diklat kader Adiwiyata ini bukan hanya karena SMAN 2 Batu menjadi sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, melainkan juga menumbuhkan kesadaran siswa melestarikan alam yang ada di sekitar sekolah.

"Yang bisa merawat alam Audams (sebutan SMAN 2 Batu) adalah kita semua. Seribu lebih siswa yang ada di sekolah ini punya tanggungjawab yang sama untuk merawat dan melestarikan lingkungan sekolah," ucapnya.

Jumlah kader Adiwiyata SMA Negeri 2 Batu sebanyak 243 siswa dari kelas X, XI, dan kelas XII. Anto berharap, para kader Adiwiyata menjadi pelopor kebersihan lingkungan sekolah dengan saling mengingatkan temannya.

"Kita mulai dari diri sendiri dulu. Saya juga berharap para kader Adiwiyata SMA Negeri 2 Batu menjadi contoh penggerak kebersihan di sekolah ini. Ingatkan teman kalian yang masih membuang sampah sembarangan agar membuang sampah di tempat yang sudah disediakan," paparnya.

Ia pun mengingatkan para untuk membudayakan lagi membuang sampah dengan cara memilah sampah. Kebiasaan ini menurutnya juga bisa dilakukan di lingkungan keluarga bahkan bisa di lingkungan masyarakat.

"Mari kita rawat warisan anak cucu kita dengan melestarikan alam. Kalian yang terpilih menjadi duta lingkungan Audams harus menjaga lingkungan Audams, syukur-syukur di lingkungan rumah dan lingkungan masyarakat," tuturnya.

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan Diklat Kader Adiwiyata ini, Hima Khusnita, penyuluh lingkungan hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu yang membawakan materi konsep dasar Adiwiyata dan Adam Kharisma, penata laksana penyehatan lingkungan DLH Kota Batu yang membawakan materi program kerja kelompok kerja (Pokja) Adiwiyata.

Diklat yang akan berlangsung selama tiga hari ini, 24-26 September 2024 ini akan diakhiri dengan praktik pembuatan ecoenzym oleh para kader Adiwiyata SMA Negeri 2 Batu, didampingi DLH Kota Batu. (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO