Lewat Festival Gubernur Soerjo, DPRD Jatim Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Lewat Festival Gubernur Soerjo, DPRD Jatim Gerakkan Ekonomi Masyarakat Ketua DPRD Jatim, Kusnadi, dan Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak, saat mengunjungi salah satu stan UMKM di Festival Gubernur Soerjo. Foto: Ist

MAGETAN, BANGSAONLINE.com -  terus berupaya menggerakkan ekonomi pada sejumlah wilayah, seperti di dengan menyelenggarakan Pasar Rakyat dalam rangka Festival Gubernur Soerjo di area GOR Ki Mageti (15-19 November 2022).

Ketua , Kusnadi, hadir secara langsung untuk meninjau stan di sana. Ia didampingi Wakil Bupati , Nanik Endang Rusminarti, bersama Sujatno selaku ketua DPRD setempat.

Baca Juga: Mengintip Harta Kekayaan Harisandi Savari, Anggota DPRD Jatim dari PKS, Tembus Rp9,8 Miliar

"Para pelaku ini punya potensi kuat untuk pertumbuhan ekonomi," kata Kusnadi melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (16/11/2022).

Menurut dia, pandemi Covid-19 sangat mengancam perekonomian. Oleh karena itu, Kusnadi meminta masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan dengan banyak cara, salah satunya pasar Rakyat.

"Semoga daya tarik bertambah. Banyak orang berkunjung ke sini. Warga kreatif-kreatif," tuturnya.

Baca Juga: ​Pemkab Resmi Ganti Beberapa Acara di Gelaran Jombang Fest 2024, Ini Alasannya

Usai meninjau, pembukaan Pasar Rakyat pun dimulai dan dimeriahkan dengan penampilan Tari Pocil dan fashion show ecoprint.  Dalam sambutannya, Kusnadi menyampaikan kegiatan tersebut merupakan gagasan dari dengan harapan perekonomian bangkit, khususnya .

Menurut dia, daya tarik pengunjung menurun sehingga perlu diadakan kegiatan yang mengenalkan potensi produk se-Jawa Timur.

"Banyak produk bagus, tapi belum semua pelaku mendaftar merek dagang atau hak cipta," jelasnya.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Jatim Fest 2024 Jadi Katalisator Pertumbuhan UMKM

Pendaftaran merek sangat mudah dan murah. Jika sudah terdaftar, secara otomatis akan dibantu pemasaran oleh pemerintah. "Nanti akan masuk juga ke dalam e-katalog nasional," lanjutnya.

Sementara itu, Nanik menyebut pelaksanaan Pasar Rakyat sangat bermanfaat bagi pelaku . Hal itu akan membangkitkan perekonomian .

"Semoga ini bisa terus berlanjut tiap tahun dan para pelaku semakin kreatif dalam mengembangkan usahanya," ucapnya.

Baca Juga: Mimik Idayana dan Sodik Monata Kulineran di Sentra UMKM Alas Kuto Sidoarjo

Ada 150 stan , di antaranya kreasi batik, kaos printing, produk makanan minuman buatan seorang mantan TKI asal , dan kopi khas .

"Ini pertama kalinya, saya dan suami ikut pameran. Sebelumnya hanya jualan online. Tentu kami senang sudah dikunjungi oleh Ketua ," ucap Duwi Rofingatun, pemilik usaha Boneka Koi, Dudu Craft.

Acara pembukaan diakhiri dengan pertunjukkan tari Ul Daul dari Pamekasan dan penampilan musik Maheswara, band asal Kediri. Pasar Rakyat berlangsung di Gor Ki Mageti hingga Sabtu (19/11/2022). (mdr/mar)

Baca Juga: Serahkan Sertifikat Elektronik, Menteri AHY Harap UMKM Pariwisata Terus Berkembang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO