PMII Jember Beberkan Jejak Kelam Kepemimpinan Hendy-Firjaun Selama 2 Tahun

PMII Jember Beberkan Jejak Kelam Kepemimpinan Hendy-Firjaun Selama 2 Tahun PJ Sekdakab Jember, Arief Tjahjono, saat menerima massa aksi yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kepemimpinan Hendy-Firjaun di Kota Suwar-Suwir selama 2 tahun sejak 26 Februari 2021, dianggap runyam oleh ratusan massa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (). Persoalan sosial serta penuntasan reforma agraria menjadi landasan mereka menggelar demo di Kantor Pemkab .

"Kami mencoba memberikan warning kepada segenap masyarakat jejak kelam kepemimpinan selama dua tahun ini, agar menjadi atensi bersama," kata Ketua PC , Bayu Wicaksono, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga: 5 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Jember

Menurut dia, slogan 'Wes Wayahe Mbenahi ' dan ' Kueren' tampaknya tidak begitu tercermin dalam pembangunan di bawah kepemimpinan Hendy-Firjaun. Pasalnya, meski terus membanggakan capaian 1.200 km pengaspalan jalan yang dikerjakan selama 9 bulan, nyatanya tidak berumur sampai satu tahun.

Karena, kata Bayu, aspal proyek tidak sesuai spek dan rusak, serta banyak tambalan saat ini. Selain itu, persoalan sosial di wilayah pesisir selatan karena penertiban tambak liar tidak dilaksanakan semestinya, serta permasalahan agraria yang terkesan diabaikan.

"Meski mereka menutupi rapor merah dengan publikasi capaiannya, kami berharap agar pihak pemkab segera berbenah atau lebih baik mereformasi kepemimpinan," ujarnya.

Baca Juga: Wanita di Jember Tewas Terlindas Truk Akibat Jatuh dari Boncengan Motor Ayahnya

Ia pun menjelaskan soal isu kolusi dan nepotisme di Pemkab , seperti pembagian serapan APBD yang kerap dipecah dengan nilai kecil, sehingga pengerjaan proyek bisa dilakukan tanpa melalui proses tender.

"Memiliki otoritas di daerah, bukan berarti secara aji mumpung bagi-bagi proyek kerjaan untuk kroni saja, tapi lebih pada mengemban amanah dan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Bayu menegaskan, PC tidak berdiri sendiri dalam aksi refleksi kepemimpinan Hendy-Firjaun. Aspirasi yang digaungkan merupakan rangkuman dari suara masyarakat di .

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Dua Pelajar di Jember Tewas Usai Alami Kecelakaan

"Seperti halnya pro kontra pertambangan di sejumlah titik, hingga para petani yang kerap mengalami penyerobotan lahan untuk segelintir kepentingan investor yang masuk ke ," tuturnya.

"Ini bukan hanya suara dari kami sebagai kelompok mahasiswa, namun memang catatan dari segenap elemen masyarakat yang masih memiliki kesadaran untuk mengontrol kekuasaan di ," imbuhnya.

Ia menilai, banyak pembiaran aktivitas bisnis ekstraktif yang menyebabkan alih fungsi lahan pertanian. Padahal, merupakan daerah proyeksi untuk pembangunan sektor agraris, dan salah satu lumbung padi yang harusnya tidak dirusak dengan pertambangan.

Baca Juga: Gelar Halal Bihalal, PMII Sidoarjo Berharap Ada Kader yang Ikut Running di Pilkada

"Kami berharap agar Hendy Siswanto dan Gus Firjaun, sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati segera sadar dan insyaf dalam menjalani amanah memimpin Kabupaten !" pungkasnya.

Berikut sejumlah tuntutan dari PC yang diterima BANGSAONLINE.com:

- Menuntut Pemerintah Kabupaten untuk mentaati dan menepati peraturan perundang-undangan dalam penyusunan perda RTRW sesuai Permen ATR/BPN No. 11 Tahun 2021.

Baca Juga: PKB Jember Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup dalam Pilkada 2024

- Menuntut Pemerintah Kabupaten untuk lebih memperhatikan minimnya ketersediaan fasilitas masyarakat disabilitas Kabupaten dan menekan 1.495 kasus pernikahan dini kabupaten jember, sebagai jumlah tertinggi di Jawa Timur.

- Menuntut Pemerintah Kabupaten untuk menuntaskan presentase masyarakat miskin Kabupaten , yang didalamnya terdapat 26.790 kasus kemiskinan ekstrim, sebagai yang tertinggi di wilayah Bakorwil 5 Jatim.

- Menuntut pemerintah Kabupaten untuk menjamin dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat pertanian dan perikanan, dalam usaha penyediaan dan pemaksimalan: tempat pelelangan ikan di setiap sentra perikanan kawasan pesisir yang tidak dimaksimalkan sebagai pusat perputaran ekonomi warga pesisir; dan bentuk nyata jaminan dan solusi alternatif bagi ketersedian pupuk yang hingga hari ini masih mencekik petani; serta bantuan pemberdayaan yang layak berupa anggaran dana yang harusnya berprioritas pada kegiatan tangkap ikan nelayan konfensional, bukannya budidaya ikan kawasan pesisir.

Baca Juga: Pensiunan PNS Daftarkan Diri Sebagai Cabup-cawabup Jember ke PDIP Jember

- Menuntut Pemerintah Kabupaten untuk segera menuntaskan proyek infrastuktur pembangunan jalan yang tidak tuntas kelayakan dan penyediaannya.

- Menuntut Pemerintah Kabupaten untuk benar-benar merealisasikan janji politik 25.000 beasiswa per tahun.

- Menuntut Pemerintah Kabupaten untuk tidak melanjutkan RAPERDA BUMD Gunung Sadeng, karena tidak tercantum di RPJMD 2021-2026. (yud/bil/mar)

Baca Juga: Relawan Peringatkan Wisatawan yang Mandi di Pantai Paseban Jember dengan Kantong Jenazah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO