Retak! Media Asing Ungkap Mega Abaikan Dua Cawapres Usulan Jokowi, Siapa Mereka

Retak! Media Asing Ungkap Mega Abaikan Dua Cawapres Usulan Jokowi, Siapa Mereka Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri. Foto: Rmol.id/net

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Media asing mulai menyoroti keretakan Presiden dan Ketua Umum PDIP Soekarnoputri. Keretakan -Mega itu memang semakin vulgar. Bahkan banyak diperbincangkan para elit politik nasional hingga daerah.

Salah satu media yang menyoroti keretakan dan Mega itu adalah The Straits Times. Media berbahasa Inggris yang berbasis di Singapura itu memberitakan bahwa bahwa kini terjadi keretakan antara dan Mega terkait calon wakil presiden yang akan mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo yang diusung PDIP.

Baca Juga: Bansos Beras Diharapkan Lanjut, Presiden Jokowi Janji Akan Bisiki Prabowo

Dilansir CNBC Indonesia, koran milik Singapore Press Holdings (SPH) itu mengutip sumber di internal PDIP bahwa Mega telah mengabaikan dan mengesampingkan peran dalam memilih cawapres Ganjar. Hal itu disebut membuat tak nyaman.

Menurut laporan koran itu, yang tak lama lagi akan menyelesaikan periode kedua pemerintahannya tak bisa maju lagi sebagai capres. Ini tentu membuat khawatir kebijakannya tak dilanjutkan. Karena itu punya kepentingan untuk ikut menentukan cawapresnya.

“Dua tokoh yang diunggulkan menjadi cawapres Ganjar disikapi dingin oleh ,” tulis The Straits Times mengutip penuturan politikus senior PDIP, Sabtu (3/6/2023). Tokoh PDIP itu minta namanya tak disebut di media.

Baca Juga: Bersama Presiden Jokowi, Menteri ATR/BPN Peroleh Brevet Kehormatan Hiu

Siapa dua tokoh yang diunggulkan sebagai cawapres Ganjar? Menurut politikus PDIP itu, dua tokoh tersebut adalah Sandiaga Uno dan Erick Thohir.

Masih menurut politikus PDIP itu, Sandiaga Uno adalah Menteri Pariwisata yang berperan membantu memenangkan menantu , Bobby Nasution, dalam pemilihan Wali Kota Medan pada 2020. Sedang Erick Thohir adalah Menteri BUMN yang keluarganya menjadi donatur utama kampanye kepresidenan pada 2019.

Politikus PDIP lain, tulis koran itu, mengatakan bahwa hal tersebut memperparah ketidaknyamanan yang sebelumnya juga kaget karena PDIP tiba-tiba mengumumkan Ganjar sebagai capres dari PDIP pada 21 April 2023.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Smelter Grade Alumina, Erick Thohir Paparkan Dampak soal Impor Alumnium

Politikus yang juga minta namanya dirahasiakan itu mengatakan hal ini dapat mendorong yang tidak senang untuk mendukung kandidat saingan partainya (PDIP), Prabowo Subianto, yang ia tunjuk sebagai menteri pertahanan empat tahun lalu.

Prabowo adalah ketua umum Partai Gerindra.

“Ibu () menganggap mencampuri urusan parpol. Itu bukan urusan eksekutif yang harus ditangani,” ungkap politikus PDIP itu kepada koran The Straits Times.

Baca Juga: Menparekraf Sebut Investasi IKN dari Luar Negeri Sentuh Angka Rp1 Triliun

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ali Mochtar Ngabalin dari kantor Staf Kepresiden Indonesia tidak membalas pesan yang minta komentar dari The Straits Times.

Sementara secara terpisah, juga berdiskusi dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto tentang calon presiden. Ketika hal itu ditanyakan kepada Juru Bicara Golkar Nurul Arifin menjawab, “Tidak ada yang bisa kami bagikan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO