Tutup Rakernas V Pergunu, Mendag Zulkifli: Lulusan Aliyah Banyak Jadi Menteri

Tutup Rakernas V Pergunu, Mendag Zulkifli: Lulusan Aliyah Banyak Jadi Menteri Mendag RI Zulkifli Hasan mengamini doa yang dipimpin Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, usai peletakan batu pertama pembangunan wisma santri putra Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat, Ahad (18/6/2023). Foto: MMA/bangsaonline

MAJELANGKA, BANGSAONLINE.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Persatuan Guru Nahdlatul Ulama () yang berlangsung sejak Sabtu (17/6/2023) kemarin berakhir sore ini, Ahad (18/6/2023). Rakernas yang berlangsung di Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat itu ditutup Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan di Aula lantai III Gedung KH Abdul Chalim Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat sore ini, Ahad (18/6/2023).

Yang menarik, Bang Zul -panggilan Zulkif Hasan - saat menutup Rakernas V lebih banyak memberi motivasi secara rileks dan penuh canda. Ketua Umum Partai Nasional (PAN) itu memulai cerita tentang dirinya dan pendidikan yang ia tempuh.

Baca Juga: Di Hadapan Warga Dawarblandong, Paslon Mubarok Siapkan Program Bedah Rumah Tak Layak Huni

“Saya juga guru. Saya dulu sekolah di ,” kata Bang Zul. adalah Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri. “Kalau kalian Aliyah (Madrasah Alyah) berarti lebih muda dari saya,” tambahnya.

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, memberikan buku kepada RI Zulkifli Hasan. Foto: bangsaonline

Baca Juga: Kampanye Perdana, Gus Barra-dr Rizal Langsung Menggebrak Enam Titik Lokasi di Jatirejo

Menurut dia, lulusan dan Madrasah Aliyah tak kalah dengan lulusan sekolah umum seperti SMA dan lainnya. “Saya dua kali jadi menteri,” kata Bang Zul.

Ia pernah menjadi Menteri Kehutanan Indonesia pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kini ia Menteri Perdaganan RI.

Menurut dia, banyak sekali lulusan Madrasah Aliyah yang jadi tokoh besar. Bang Zul menyebut beberapa nama. “Ketua MK, Pak Anwar Usman itu lulusan Aliyah,” ujar suami Soraya Muhammad Ali itu.

Baca Juga: Ketum Pergunu Prof Kiai Asep: Ratu Zakiyah Simbol Idealisme Kita

“Pak Dahlan Iskan juga lulusan Aliyah,” tambah Bang Zul. Dahlan Iskan adalah wartawan kondang dan tokoh pers yang pernah menjabat Menteri BUMN ada era Presiden SBY.

“Pak Mahfud MD juga lulusan Aliyah,” kata Bang Zul lagi. Saat Zulkifli Hasan menyebut nama Mahfud MD para ketua PW dan PC yang datang dari seluruh Indonesia itu langsung gemuruh dan bertepuk tangan. Bang Zul tampak paham. Ia langsung tertawa.

Mahfud MD memang dielu-elukan jadi Cawapres. Kebetulan Mahfud MD yang kini menjabat Menko Polhukam itu juga hadir sebagai keynote speaker dalam Rakernas V pada Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga: Kiai Asep Bentuk Saksi Ganda Mubarok dan Khofifah-Emil, Gus Barra Siap Biayai Siswa Berprestasi

(

Para ketua dan sekretaris se-Indonesia saat mengikuti penutupan Rakernas V di Gedung Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat. Foto: MMA/bangsaonline.

Bang Zul menegaskan bahwa peran guru sangat penting dan strategis. Terutama untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Apalagi ke depan bangsa Indonesia akan menghadapi bonus demografis yang akan dimulai pada tahun 2025 hingga 2038.

Baca Juga: Hadiri Muslimat NU Bersholawat Bersama Habib Syech, Khofifah: Jamaah yang Konsisten Mendoakan Bangsa

“Ini tantangan dan juga peluang emas bagi kita bangsa Indonesia,” kata Bang Zul.

Sebelum Bang Zul menyampaikan pidato dan menutup Rakernas V , Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat menyampaikan rencana-rencana besarnya. Diantaranya akan mendirikan madrasah unggul di setiap provinsi.

Menurut dia, para ulama dan kiai pendiri NU yang juga pejuang kemerdekaan RI telah sukses memerdekakan Indonesia. Kini tugas adalah mengisi kemerdekaan dengan cara mewujudkan cita-cita luhur kemerdekaan RI. Yaitu Indonesia maju, adil dan makmur.

Baca Juga: Soal Ekspor Pasir Laut, Mendag: Kok Tanya Saya?

Dalam acara penutupan Rakernas V itu memberikan cindra mata kepada Zulkifli Hasan berupa buku. Diantaranya buku karya M Mas'ud Adnan.

Usai menutup Rakernas V , Zulkifli Hasan meletakkan batu pertama pembangunan gedung asrama putra Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding. Kemudian Zulkifli Hasan ziarah ke makam KH Abdul Chalim, ayahanda  , yang lokasinya masiih di sekitar Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 di Leuwimunding Majalengka Jawa Barat. Ia didampingi sekaligus memimpin doa yang diamini bersama. (MAA). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO