Sepekan Dilaunching, Pelayaran Jangkar Lembar Stop Sementara, Sepi Peminat

Sepekan Dilaunching, Pelayaran Jangkar Lembar Stop Sementara, Sepi Peminat Ketua DPRD Kabupaten Situbondo, Edi Wahyudi

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten , Edi Wahyudi merespons berhentinya pelayanan sementara pelayaran nasional pelabuhan Jangkar Kabupaten ke Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB, karena sepi pengguna jasanya. Padahal jalur ini, baru sepekan dilaunching oleh Bupati , Karna Suswandi, Selasa (15/08/2023) lalu.

"Secepatnya melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pemerintah provinsi maupun Kementerian Perhubungan," ujar Edi pada BANGSAONLINE.com, Jumat (25/08/2023).

Baca Juga: Dewan Belum Sahkan P-APBD 2024, Kepala Bappeda Situbondo: Kembali ke Perencanaan Awal

"Apapun keputusannya nanti, apakah menurunkan harga dengan merevisi keputusan menteri atau memberikan diskon, harus rasional juga. Tujuannya agar bisa menarik minat sopir kembali ke Jangkar," tambah kader PKB ini.

Edi mengingatkan, pemkab dalam merealisasikan kebijakan agar sungguh-sungguh membuat perencanaan yang matang.

"Perencanaannya harus tuntas dulu dari huku ke hilirnya. Ini persoalan kriusial, kalau terjadi seperti ini bisa muspro (sia-sia) anggaran," terang Edi.

Baca Juga: Pimpinan DPRD Situbondo Dilantik, Pjs Bupati: Ayo Bergandengan Tangan

Kepala Seksi Teknik Kepalabuhanan Dinas Perhubuhgan Propinsi Jawa Timur, Tri Wahyono mengatakan pelayaran jangkar Lembang sementara diberhentikan karena sepi peminat. Hal ini disebabkan harga tiket dikeluhkan mahal oleh pengguna jasa.

"Operasionalnya minim sekali tidak mencukupi, makanya stop sementara tidak melayani dulu," kata Tri yang dihubungi melalui saluran telpon pada BANGSAONLINE.com.

"Mungkin mereka evaluasi masalah tiket karena keluhan pengguna jasa. Selisih tiket lumayan, lebih baik lewat Ketapang daripada Lembar Jangkar. Golongan 5 ke atas, 6, 7, 8, 9 agak signifikan selisihnya, kisaran 700 - 800 (dalam ribu) kayaknya kalau tidak salah," katanya.

Baca Juga: Polres Situbondo Ringkus 2 Pengedar Ratusan Pil Trex

Tri menjelaskan, seingatnya setelah launching tanggal 15/08/2023, pelayaran perdana dilayani KMP AMP Sejahtera 2 milik ASDP hanya membawa tiga truk besar saja dan empat penumpang. Hari berikutnya tanggal (16/08/2023) KMP Jambu 10 melayani pengguna tiga truk dan enam penumpang.

"Seingat saya begitu, setelah itu mereka tidak kembali lagi dari Lembar ke Jangkar karena tidak ada muatan, sampai hari ini (24/08/2023--red), sepertinya Sejahtera 2 dan Jambu masuk lintasan Lembar Ketapang," jelasnya.

Solusi ialah dengan memberikan diskon harga tiket. Besaran diskon rencananya antara 5 - 15 persen yang akan diterapkan.

Baca Juga: Gelar Demo, Massa Aksi Desak KPK Tangkap Bupati Situbondo

"Kayaknya kalau menurunkan harga tiket agak ribet karena sudah keputusan menteri nomor 61 tahun 2023," papar Tri.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan tidak bisa dimintai klarifikasinya, karen tidak memberikan respon setelah berkali-kali dihubungi. (sbi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO