Profil Josep Gombau, Pelatih Baru Persebaya yang Pernah Tangani Barcelona

Profil Josep Gombau, Pelatih Baru Persebaya yang Pernah Tangani Barcelona Pelatih Baru Persebaya, Josep Gombau. Foto: Instagram josep.gombau

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Persebaya Surabaya resmi menunjuk sebagai pelatih baru. Tidak hanya ditugaskan sebagai pelatih kepala, Gombau yang asal Spanyol juga ditunjuk menjadi direktur teknik.

sendiri bukan pelatih sembarangan. Pria kelahiran 5 Juni 1976 tersebut sudah mengenyam banyak pengalaman.

Baca Juga: Sempat Ricuh saat Lawan Persik, Gombau Tak Ambil Pusing: Banyak Kesalahan Individu

Dilansir dari transfermarkt, karier kepelatihannya dimulai pada 1 Juli 1993 di tim junior CF Amposta. Sebuah klub sepak bola di kota di Amposta yang merupakan komunitas otonom Catalonia. Pengabdianya di CF Amposta bertahan selama 7 tahun atau pada 30 Juni 2000.

Setelah itu, pria bernama lengkap Balague ini bergabung dengan Espanyol. Tiga posisi penting sempat diembannya di Espanyol, yakni direktur teknis, scouting, dan pelatih tim junior.

Kinerjanya yang gemilang membuat Barcelona tertarik untuk merekrutnya pada 1 Juli 2003 sebagai pemandu bakat pemain muda. Selang dua tahun, Gombau beralih sebagai asisten pelatih di tim Barcelona muda, La Masia.

Baca Juga: Tanpa Arief Catur, Josep Gombau Tak Cuma Waspadai David da Silva Jelang Persebaya Vs Persib

Berkat sentuhan tangan dinginnya, Gombau diklaim berhasil menciptakan gelandang berkelas dunia seperti Andres Iniesta. Dari Iniesta kemudian sukses membawa Blaugrana meraih banyak trofi, dari kompetisi lokal hingga internasional.

Perjalanan karier kepelatihan lalu berlanjut ke Asia. Dia pernah menjadi juru racik Adelaide United (Australia), Timnas Australia, Timnas Australia U-23, Western Sydney Wanderers (Australia), Queensboro FC (Amerika Serikat), hingga Odisha FC (India).

Kini, pelatih yang meraih banyak prestasi di tim Kitchee telah resmi diperkenalkan sebagai arsitek baru Persebaya. Tugas pertamanya sangat berat karena harus melanjutkan tren positif yang didapat pelatih caretaker sebelumnya Uston Nawawi. Pada laga lanjutan Liga 1 2023-2024 pekan ke-12, Persebaya akan berhadapan dengan pemuncak klasemen Madura United di Gelora Bangkalan. (git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO