Lahirkan Generasi Sehat dan Berkarakter Sejak Usia Dini, Pemkot Kediri Sosialisasikan Pesenam Cilik

Lahirkan Generasi Sehat dan Berkarakter Sejak Usia Dini, Pemkot Kediri Sosialisasikan Pesenam Cilik Para Instruktur senam saat membimbing para pesenam. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengembangkan fisik motorik pada anak usia dini melalui gerakan senam, DPC GOPTKI Kota berkolaborasi dengan dinas pendidikan menggelar sosialisasi Pesenam Cilik, Senin (23/10/2023).

Sebanyak 135 guru TK, PAUD, kelompok bermain, TPA dan SPS dihadirkan di Aula Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan Kota , untuk mengikuti arahan langsung dari instruktur senam yang ditunjuk oleh dinas pendidikan.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

Ketua DPC GOPTKI Kota , Novita Bagus Alit, mengungkapkan, usia dini merupakan masa keemasan dalam perkembangan otak anak sehingga mereka harus diberi rangsangan atau stimulus yang tepat, salah satunya dengan pengembangan fisik motorik.

Menurut Novita hal tersebut penting dilakukan guna melatih keterampilan tubuh dan menunjang pertumbuhan jasmani pada anak.

“Agar kesehatan dan imun anak lebih meningkat perlu kiranya orang tua atau guru memberikan arahan kepada anak agar melakukan kegiatan fisik motorik contohnya senam untuk anak,” jelasnya.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

Novita juga menambahkan, senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik, membangun kekuatan tubuh, melatih keterampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan. Dengan melakukan olahraga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik anak menjadi lebih baik.

“Dalam hal ini yang harus diperhatikan yakni gerakan senam harus disesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan si kecil. Kita juga perlu pahami bahwa kurangnya aktivitas fisik pada anak juga bisa menyebabkan berbagai macam masalah seperti terlambat berjalan, intelektual yang tidak maksimal,” ujarnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Novita berharap para peserta bisa mengimbaskan pengetahuan yang diperoleh kepada pendidik yang lain dan mengimplementasikannya pada kegiatan belajar mengajar di lembaga masing-masing sehingga terwujud generasi penerus yang sehat, cerdas, ceria dan memiliki akhlak mulia.

Baca Juga: Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Anang Kurniawan mengatakan dengan melatih motorik anak, mereka dapat bergerak bebas, sehat jasmani rohani sehingga ke depan bisa melahirkan generasi penerus yang sehat, ceria dan berkarakter.

Hal ini juga selaras dengan implementasi kurikulum merdeka pada satuan pendidikan.

“Implementasi kurikulum merdeka yakni tidak mengikat anak, mereka diberikan kebebasan untuk lebih mengasah dan mengeksplor kreatifitas yang dimiliki. Dengan begitu siswa diharapkan aktif dan tidak merasa tertekan mengikuti proses pembelajaran karena masih fase bermain,” tuturnya.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Menurut Anang, dari total 265 lembaga PAUD di Kota , tidak semuanya berkesempatan mengikuti sosialisasi. Untuk itu kepada para peserta, Anang berpesan agar menyampaikan pengetahuan yang didapat kepada teman-teman guru di gugus atau pokja masing-masing.

“Setelahnya mereka akan memberikan pembelajaran pada anak-anak dan diterapkan di lembaga masing-masing pada keseharian sebelum masuk kelas atau seminggu sekali. Senam ini rencananya juga akan ditampilkan pada acara Jambore PAUD nanti,” terang Anang.

Pada kesempatan yang sama, Wiwik dari KB Pelangi Kelurahan Dermo mengungkapkan dirinya sangat bersemangat mengikuti sosialisasi. Menurutnya dengan rutin melakukan aktivitas senam, bisa menumbuhkan dan merangsang motorik anak, meningkatkan daya ingat serta menumbuhkan karakter anak.

Baca Juga: Polisi Tahan Pelaku KDRT di Kediri

“Saya sebagai guru sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Di lembaga pendidikan saya selama ini juga sudah mengadakan senam, dengan adanya sosialisasi ini bisa menambah referensi gerakan senam sehingga anak juga tidak bosan,” tuturnya. (uji/git). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO