Keroncong Svaranusa 2023, Dhito Berharap Ekosistem di Musik Kediri Bisa Tumbuh

Keroncong Svaranusa 2023, Dhito Berharap Ekosistem di Musik Kediri Bisa Tumbuh Konser keroncong Svaranusa di kawasan SLG. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tiga artis papan atas dihadirkan pada konser yang digelar di Tugu Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten , Minggu (29/10/2023) malang.

Bupati Hanindhito mengatakan acara ini sebagai wadah temu karya bagi musisi keroncong lokal dan nasional.

Baca Juga: Polisi Tahan Pelaku KDRT di Kediri

Melalui konser ini, bupati yang karib disapa Dhito tersebut berharap ekosistem musik di Kabupaten dapat bertumbuh. Sekaligus meningkatkan minat masyarakat terhadap musik keroncong.

“Sebagai ruang karya dan berkreasi bagi pelaku seni keroncong papan atas maupun lokal agar bisa sejajar,” ujar Dhito melalui Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa.

Selain mengorbitkan musisi lokal, konser tersebut juga bertujuan mempromosikan musik keroncong agar dikenal para generasi milenial.

Baca Juga: Puluhan Kiai dan Gawagis di Kabupaten Kediri Deklarasi Dukung Dhito-Dewi

Ia berencana menjadikan event semacam ini sebagai daya pikat ketika bandara baru nantinya beroperasi.

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan semangat tersendiri bagi Berbudaya,” katanya.

Adapun kegiatan musik tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , serta Yayasan Svaranusa.

Baca Juga: Mortir Diduga Peninggalan Belanda Ditemukan di Kediri

Adapun tiga musisi papan atas yang dihadirkan adalah Okky Kumala Sari yang terkenal sebagai pelantun keroncong di kanal YouTube, Hendra Kumbara penyanyi lagu Balungan Kere, serta mantan vokalis Ada Band Donie Sibarani.

Penampilan ketiganya menyita perhatian masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan padatnya lokasi acara oleh ribuan penonton.

Sementara Ketua Yayasan Svaranusa Ade Bhakti mengatakan konser musik tersebut merupakan puncak kegiatan . Beberapa hari sebelumnya telah diselenggarakan workshop dan pelestarian keroncong di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad, Mas Dhito Ajak Jamaah Berdoa untuk Kebaikan Kabupaten Kediri

Menurut Ade, acara tersebut merupakan konser kedua setelah pada 2022 lalu sukses tampil di Kota Semarang. Dengan rutin digelar saban tahun, Ade berharap musik keroncong bisa disukai oleh kawula muda.

“Supaya musik keroncong bisa dinikmati anak muda. Adik-adik ini mulai didengarkan musik keroncong dengan irama-irama khas keroncong, supaya keroncong ini bisa lestari,” pungkasnya. (uji/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO