Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar HRD Tertarik

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar HRD Tertarik Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Setelah menempuh pendidikan hingga bertahun-tahun lamanya, mendapatkan kerja yang bagus menjadi salah satu tujuan banyak orang. Dengan memiliki pekerjaan, nantinya kamu bisa mendapatkan gaji, bahkan jabatan.

Tentunya dengan memberikan kualitas yang bagus di tempat kerja bisa membawa masa depan kamu menjadi lebih baik dan cerah.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Merawat Sepatu Lari agar Awet Bertahun-tahun

Saat hendak melamar kerja, kamu tentunya harus membuat dulu surat lamaran kerja bukan?

Umumnya, surat lamaran pekerjaan diberikan kepada perusahaan yang ingin dituju atau tempat di mana kamu ingin bekerja. Namun, masih saja ada sebagian orang yang belum mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang menarik.

Jika kamu juga belum mengetahuinya, tenang di bawah ini ada tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sehingga bisa menarik perhatian HRD:

Baca Juga: 6 Tips Memilih Kursi Kerja yang Nyaman dan Kuat

1. Jika ingin membuat contoh surat lamaran kerja tulis tangan, maka disarankan menggunakan kertas folio bergaris. Karena jenis kertas bergaris akan memudahkan kamu saat menulis sehingga hasilnya akan terlihat lebih rapi.

2. Tips selanjutnya pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta yang resmi.

3. Pastikan juga memilih kata-kata yang sopan namun resmi. Hal itu karena kamu akan membuat surat lamar kerja secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan pernah menyisipkan bahasa gaul atau bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.

Baca Juga: Berinvestasi di Forex? 10 Tips untuk Membantu Anda Menemukan Trader Terbaik

4. Jangan sampai bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi sesuai ketentuan surat lamaran kerja. Jadi, pastikan kamu menulis surat lamaran kerja dengan rapi dan tidak berantakan. Lebih dianjurkan menggunakan tulisan tegak bersambung.

5. Sebisa mungkin usahakan tidak ada tulisan tangan yang salah. Karena itu, sebaiknya kamu hati-hati dan teliti saja saat menulisnya.

Jika terburu-buru, tulisan kamu bisa jadi salah dan tidak rapi, sehingga kamu harus menulis ulang lagi di kertas lain. Karena, kurang sedap dilihat jika ada bekas penghapus atau coretan di surat lamaran kerja yang kamu buat.

Baca Juga: Dapat Panggilan Interview Kerja, ini Tips yang Perlu Dipersiapkan

6. Meskipun pemilihan warna pulpen tampak sepele, namun hal ini pun berpengaruh pada surat lamaran kerja yang dibuat. Alih-alih memilih warna pulpen yang aneh, dianjurkan untuk menggunakan warna hitam saja.

7. Dianjurkan membuat tulisan secara manual agar perusahaan bisa menilai tulisan tangan kamu. Namun, saat ini surat lamaran kerja juga bisa disertakan dengan email atau berbentuk dokumen digital.

8. Tips lainnya lengkapi surat lamaran kerjamu dengan data-data yang diperlukan sesuai data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Baca Juga: Eureka Indonesia, Produsen Tas Promosi Terkemuka di Bandung

9. Jangan lupa lampirkan juga surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan demikian, kamu bisa menunjukkan memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki orang lain.

10. Tata bahasa juga penting untuk diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Mengingat surat lamaran kerja terbilang formal, maka kamu harus menulisnya dengan bahasa baku dan ejaan yang benar.

Pastikan kamu memperhatikan penggunaan tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan pemilihan bahasanya. Karena jika tidak memperhatikan hal-hal tersebut, kemungkinan besar surat lamaran kamu akan ditolak.

Baca Juga: Supaya Tidak Keliru, ini Perbedaan Stop Kontak dan Saklar

11. Pastikan juga kamu mencantumkan jabatan yang ingin dilamar dan nomor yang bisa dihubungi. Selain itu, kamu juga wajib menuliskan posisi yang ingin dilamar sehingga perusahaan mengetahui maksud dan tujuan kamu mengirimkan surat lamaran kerja tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO