Jelang Idul Kurban, 70 Ekor Sapi di Gresik Dikontes

Jelang Idul Kurban, 70 Ekor Sapi di Gresik Dikontes Bupati-Wabup, Sambari-Qosim ketika membuka kontes ternak. (foto: syuhud/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Pemkab Gresik jelang hari Raya Idul Kurban (Idul Adha) 1436 H, mengadakan kontes ternak Gresik 2015, di Lapangan Balongpanggang, Kamis (3/9) siang tadi.

Kontes ini diikuti oleh sebanyak 70 ekor sapi dan 70 ekor domba. Pada kontes yang terbagi pada beberapa kategori, Kecamatan Panceng mendominasi dan meraih juara umum.

Baca Juga: Simak Batas Makan Daging Per Hari Sesuai Anjuran Dokter

Bupati dan Wabup Gresik, Sambari Halim Radianto-Moh Qosim hadir langsung pada pelaksanaan kontes ternak tersebut. "Meski Gresik terkenal sebagai kota industri, tapi Gresik masih memiliki prospek peternakan yang bagus," kata Bupati, didampingi Wabup.

Menurut dia, kegiatan ini untuk memotivasi peternak di Kabupaten Gresik. Sebab, dari tiga kali kegiatan kontes ternak, animo masyarakat terhadap bidang peternakan makin tinggi. "Alhamdulillah, animo masyarakat terhadap ternak sangat tinggi," tuturnya.

Dijelaskan Bupati, saat ini populasi sapi di Kabupaten Gresik mencapai 54 ribu ekor. Produksi daging di Gresik selama se-tahun mencapai 17 ribu kg. "Kebutuhan daging kita hanya 14 ribu kilogram, kita masih surplus," jelasnya.

Baca Juga: Unipra Surabaya Sembelih 2 Sapi dan Seekor Kambing pada Idul Adha 2024

Sementara Wabup, Moh Qosim berharap semua petani di Gresik agar hobi beternak di sela kegiatan bertani. Sebab, hobi beternak terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Dalam hitungan ekonomis, misalkan membeli sapi bakalan Rp 15 juta, dalam waktu tiga sampai empat bulan bisa laku Rp 27 juta. "Hanya dalam waktu gak sampai setengah tahun se ekor sapi bisa untung Rp 12 juta," katanya.

H. Sholeh peternak asal Panceng tampak berbinar, dengan beberapa piala juara I yang telah diraihnya. Sapi-sapi milik H. Sholeh ini merajai pada Kontes Ternak 2015 di Balongpanggang. Salah satu sapinya yang diberi nama Mike Tyson seberat 1.213 kg memenangkan juara I pada kategori sapi ekstrim persilangan (Sep). Sedangkan sapi yang lain yang diberi nama Holyfield seberat 1.014 kg memenangkan juara I untuk kategori sapi ekstrim peranakan ongole (Ekspo). (hud/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO