Kades Pasuruan Diimbau Profesional Gunakan Dana Desa

Kades Pasuruan Diimbau Profesional Gunakan Dana Desa

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Anggaran Dana desa terbesar di Jawa Timur, salah satunya di Kabupaten Pasuruan. Dalam anggaran tersebut, kabupaten Pasuruan mendapatkan keluncuruan dana dari pemerintah pusat yaitu peringkat dua setelah Kabupaten Malang.

“Minimal dana yang dikelucurkan ke desa kurang lebih 1 miliar rupiah keatas, dan maksimal 1,3 miliar,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, pada wartawan BANGSAONLINE Ahmad Fuad, Kamis (24/3) di Hotel Tretes raya usai Seminar Mengawal Dana Desa.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Siapkan Rp15,8 Miliar untuk BKK 111 Desa

Gus Irsyad, panggilan Irsyad Yusuf, menjelaskan bahwa, dana yang sekian besarnya itu didapat dari beberapa bidang pendapatan antaranya dari cukai, pajak, pusat dan lain sebagainya.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Pasurua, Sudiono Fauzan kepada semua Kepala Desa berpesan agar menggunakan semua anggaran tersebut untuk kemaslahatan bersama atau bermanfaat untuk kesejahteraan Desa itu sendiri.

“Boleh dana itu digunakan anggaran pembangunan masjid atau musala asal transparan keadaanya,”kata dia.

Baca Juga: Dugaan Penyelewengaan Dana Desa Wates Rp420 Juta untuk Pengadaan Sapi, ini Kata Camat Lekok

Kapolres Pasuruan, Sulistiyono menghimbau kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Pasuruan agara Kaedes banyak belajar tentang Undang-undang Desa. Tujuannya agar semua kades bisa profesional dalam mengalokasi program dana tersebut, walaupun nantinya ada pendamping dari staf Bupati.

Seminar dihadiri 150 undangan dari perwakilan desa, dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Pasuruan diambil lima Desa. Panitia menyiapkan 130 undangan, namun yang hadir melebihi tersebut. Seminar ini diadakan PWI yang didukung penuh oleh pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Sekda Pasuruan, Agus Sutiadji berpesan pada para kades agar tidak perlu takut pada wartawan jika dana itu sudah cair. “Semua yang hadir di sini termsuk rekan wartawan yang memfailitasi acara ini adalah sahabat. Sesuai temanya Mewujudkan Tanggung Jawab Wartawan, Mendorong kesejahteraan Masyarakat Desa Menuju Pasuruan Maslahat,”papar Sekda. (afa/ns)

Baca Juga: DPRD Pasuruan Minta Pemkab Sosialisasikan Bantuan Keuangan Desa ke Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO