IMB Klinik Arta Medika Tidak Sesuai Peruntukan?

IMB Klinik Arta Medika Tidak Sesuai Peruntukan? T. Andi Faliandra

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Polemik seputar keberadaan klinik rawat inap Artha Medika, terus berlanjut. Bahkan merunut informasi yang diperoleh wartawan, bangunan dengan dua lantai yang berlokasi di sepanjang Jl. dr Soetomo itu kepemilikan izin mendirikan bangunannya (IMB), tidak sesuai dengan keperuntukan bangunan. ‎

Menurut sumber tepercaya, IMB atas bangunan tersebut dipergunakan sebagai kediaman pribadi. Namun pada kenyataannya, bangunan milik salah satu dokter umum di RSD itu, dipergunakan sebagai aktivitas bisnis, klinik rawat inap.

Baca Juga: Info BMKG: Selasa Dini Hari ini, Trenggalek Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTK), Kabupaten , Heru Tunggul Widodo, mengatakan, sebagaimana prosedurnya, pengurusan IMB, hanya berkutat pada bentuk bangunan.

"Kalau keperuntukan dari bangunan, memang tidak masuk pada mekanisme pengurusan IMB," tegas pejabat yang pernah tugas belajar ke Tokyo, Jepang itu, Rabu (13/4).

Heru juga menegaskan, sebelum terbit selembar IMB, beberapa instansi teknis lainnya juga dilibatkan dalam proses tinjau lapangan. Seperti halnya Dinas Kesehatan dan satuan kerja terkait lainnya. 

Baca Juga: Istri Kades di Pacitan Ngaku Dijambret dan Kehilangan Uang Rp14 Juta, Ternyata...

"IMB itu hanya berkutat pada bentuk bangunan, tidak sampai pada keperuntukan dari bangunan tersebut," tukasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) setempat, T. Andi Faliandra, menambahkan, dari sisi dokumen lingkungan, sudah prosedural. Termasuk instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di klinik Artha Medika sudah memenuhi standar yang ditentukan.

"Kalau dokumen lingkungannya tidak ada masalah. Semua sudah sesuai prosedur, termasuk IPAL'nya juga sudah sesuai standar," tegasnya. (pct1)

Baca Juga: Haduh! Sapi Milik Warga Pacitan ‘Nyangkut’ di Atap Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO