Selamatkan Terumbu Karang, DKP Pacitan Lakukan Konservasi

Selamatkan Terumbu Karang, DKP Pacitan Lakukan Konservasi Blok Tempat terumbu karang pantai tawang.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Terumbu karang, merupakan ekosistem khas daerah tropis, yang menghasilkan berbagai produk ekonomi penting seperti berbagai jenis ikan karang, udang karang, alga, teripang, dan kerang mutiara. Hal ini terjadi karena terumbu karang adalah kolam bagi produk diatas, yang mampu menahan nutrien laut luar.

Sadar tentang hal tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kabupaten , dalam tiga tahun terakhir ini giat melaksanakan konservasi terumbu karang di sepanjang perairan .

Baca Juga: Info BMKG: Selasa Dini Hari ini, Trenggalek Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

"Usaha konservasi ini sudah kami lakukan sejak 2014 yang lalu, kami sudah lakukan transplantasi terumbu karang di pantai tawang sejumlah 80 blok" kata Ahmad Fauzi, Kasi Eksploitasi Konservasi dan Pengelolaan Pesisir, DKP , pada wartawan, Selasa (26/4).

Perlu diketahui, luas keseluruhan terumbu karang di perairan mencapai 11,51 Ha, yang terbagi diantaranya di Pantai Srau, Pantai Watukarung, Pantai Klayar, teluk Siwil, dan Tannjung Tiang Centakan.

"Terumbu karang, selain menghasilkan produk ekonomi, juga bisa menghasilkan pemandangan yang luar biasa. Jika itu kita rawat, dapat menjadi tempat tujuan wisata yang luar biasa" jelas Ahmad disela aktifitasnya .

Baca Juga: Istri Kades di Pacitan Ngaku Dijambret dan Kehilangan Uang Rp14 Juta, Ternyata...

Sementara itu, Kabid sumberdaya kelautan Bambang Mahaendra, turut menjelaskan, pada bulan Mei ini Dinas Kelautan dan Perikanan akan melakukan transplantasi terumbu karang di pantai Tawang sejumlah 120 blok.‎ (pct1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO