Kebakaran di Musim Kemarau Tinggi, BPBD Bojonegoro akan Tambah 3 Mobil Damkar

Kebakaran di Musim Kemarau Tinggi, BPBD Bojonegoro akan Tambah 3 Mobil Damkar Sejumlah petugas damkar saat berlatih memadamkan api. foto: eky nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bojonegoro kembali akan membeli tiga mobil pemadam kebakaran (damkar). Selain itu, BPBD juga akan mendirikan tiga pos pembantu BPBD di tiga kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD setempat, Andik Sudjarwo menyatakan pembelian tiga mobil damkar itu menggunakan dana APBD tahun 2016. Pihaknya sudah mengajukan pembelian mobil pembasmi api itu ke Pemkab.

"Saya harap segera direalisasikan, mengingat sebentar lagi sudah masuk musim kemarau," ujarnya, Minggu (8/5).

Pada musim kemarau, lanjut dia, jumlah kebakaran di Kota Ledre cukup tinggi. Seperti yang terjadi pada kemarau tahun lalu, hampir setiap hari ada 1-2 kebakaran rumah. Sehingga, penambahan mobil damkar dan pos pembantu di Kecamatan sangat penting.

"Fungsinya pos pembantu untuk menjangku kebakaran yang terjadi di desa yang jauh dari kota, seperti kecamatan Gondang dan Kedungadem," jelasnya.

Ia menjelaskan, tiga mobil damkar itu rinciannya satu mobil untuk penyemprotan air dan dua mobil untuk tandon air. Sedangkan tiga pos BPBD yang akan dibangun diantaranya di Kecamatan Kanor, Sumberejo dan Ngraho.

"Pos pembantu yang baru selesai dibangun juga ada, diantaranya di Kecamatan Kedungadem, Gondang dan Kepohbaru," jelasnya.

Dengan dibangunnya sejumlah pos pembantu tersebut, maka setiap ada kebakaran di desa-desa pedalaman langsung segera ter-cover oleh petugas kebakaran. "Setiap pos pembantu kita tempatkan tiga mobil kebakaran dan sembilan petugas," katanya.

Sebelumnya, BPBD juga sudah membeli mobil turntable ladder senilai Rp 2.9 miliar. Mobil damkar itu diklaim tertinggi kedua sedunia setelah Brazil. Fungsi mobil itu untuk memadamkan api di atas gedung maupun kebakaran di kampung padat penduduk. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO