Budidaya Cacing, Menjijikan Tapi Menjanjikan

Budidaya Cacing, Menjijikan Tapi Menjanjikan

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Cacing oleh sebagian orang dianggap menjijikan. Namun, tidak bagi Kaselin warga Desa Pule Kecamatan Tikung Lamongan. Cacing justru mempunyai nilai manfaat yang teramat besar. Selain mudah dibudidayakan, Cacing juga mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Kaselin bercerita, awalnya dia tertarik setelah membaca selebaran yang memuat artikel tentang budi daya cacing yang menghasilkan banyak rupiah.

Baca Juga: Bosa Jasa: Solusi Urus Izin Usaha Mudah dari Rumah Saja

Kebetulan rumahnya tidak jauh dari pasar hewan yang banyak ditemukan kotoran sapi. Karena dari artikel yang ia baca bahan yang digunakan adalah kotoran sapi. Akhirnya, dia memberanikan diri mohon izin kepada UPT Pasar Hewan setempat untuk mengambil kotoran sapi untuk keperluanya. "Budidaya cacing tidak repot, hanya dibutuhkan keberanian dan keuletan saja," ujarnya, Selasa (30/8)

Cacing dikenal memiliki banyak keunggulannya. Salah satunya adalah ketahanan tubuh yang sangat luar biasa. Selain itu, perawatan cacing juga cukup simple. Dalam perawatan beberapa kolam cacing, tidak membutuhkan tenaga yang banyak.

Menurut Kaselin, cukup satu orang untuk mengelola dan merawat puluhan kolam cacing. Pakan cacing pun juga tergolong mudah, sisa atau limbah makanan dari rumah tangga bisa dijadikan pakan cacing. Selain itu, ampas tahu, atau sayuran busuk bisa dijadikan pakan cacing juga.

Baca Juga: Hadiri Workshop Literasi dan Inklusi Keuangan, Pj Wali Kota Kediri Berikan Arahan kepada Pelaku UMKM

Perkembangbiakan cacing tergolong super cepat, bahkan masa panen untuk cacing jenis lumbricus rubellus ini menurut Kaselin hanya membutuhkan waktu 40 hari. Harga satu kilo untuk jenis cacing yang lumayan tinggi, membuat budidaya cacing menjadi salah satu alternatif di bidang agri. Untuk satu kilo cacing umur 40 hari dihargai 40 – 50 ribu rupiah.

Ukuran kolam tempat budidaya cacing, idealnya memiliki panjang dan lebar 1 x 4 meter. Untuk satu kolam biasanya diisi 15 -20 kg indukan cacing. Nah, kelebihan cacing lumbricus ini, dalam waktu 30 – 40 hari cacing sudah bisa dipanen. Dan jangan kaget, dalam waktu 40 hari 15 kg indukan cacing lumbricus bisa berkembang menghasilkan 3 kali lipat, yaitu 45 kg setiap kolam. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Komunitas Disabilitas Kota Pasuruan Raup Cuan dari Lampu Hias':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO