Gempa 5,0 SR Melanda Laut Trenggalek

Gempa 5,0 SR Melanda Laut Trenggalek Ilustrasi

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Gempa berkekuatan 5,0 skala Richter terjadi di laut barat daya Kabupaten , Jawa Timur, Sabtu, 10 September 2016.

Informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui layanan SMS center menyebutkan dengan kekuatan magnitudo 5,0 SR terjadi pukul 09.49.55 WIB dan 09.49.57, berlokasi di titik ordinat 9.82 Lintang Selatan, 111.68 Bujur Timur, atau sekitar 192 kilometer barat daya dan berkedalaman 29 kilometer.

Baca Juga: Dinas Kelautan Dan Perikanan Trenggalek Raih Juara Umum LMSI Tingkat Provinsi Jatim

Tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan akibat tersebut. Sejumlah pihak di pesisir mengaku tidak merasakan dampak , meski berkekuatan magnitudo cukup besar.

"Tidak ada kepanikan di sini. Kami juga tidak terlalu merasakan dampak ," kata Kepala Kepolisian Sektor Panggul AKP Wajib Santoso sebagaimana dikutip dari antara.

Wajib mengatakan dia bersama semua anggota Kepolisian berada di Mapolsek Panggul. Namun mereka tidak merasakan tanda-tanda sebagaimana diumumkan BMKG melalui pesan pendek dan tersebar di sejumlah jejaring sosial.

Baca Juga: Info BMKG: Selasa Dini Hari ini, Trenggalek Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

"Kami langsung pantau di pesisir selatan Kecamatan Panggul, dan semua berjalan normal seperti biasa. Hanya, sempat ada insiden pikap milik penambang pasir terjebak di tengah sungai yang debit airnya meningkat cepat akibat hujan deras di wilayah hulu," ujar Wajib.

Hal yang sama juga diungkapkan perangkat Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Anjar Priadi. Ia mengaku tidak merasakan sama sekali. Anjar juga menerima pesan langsung dari SMS center BMKG yang menginformasikan berskala 5.0 SR di barat daya . Namun aktivitas nelayan di sekitar Pelabuhan Prigi tetap berjalan normal.

"Barusan menghubungi beberapa teman nelayan di sekitar Pelabuhan Prigi dan tidak ada kepanikan ataupun merasakan dampak ," tutur Anjar.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Wabup Trenggalek Buka TMMD Ke-120

Adhar Muttaqin, warga yang tinggal di pusat Kota , mengkonfirmasi bahwa situasi di wilayah Kota aman terkendali dan juga tidak sampai terjadi kepanikan, meski sebagian warga merasakan dampak ."Situasi mandali (aman terkendali)," ujar Adhar.(tmp/ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO