Datangi Istana Merdeka, Prabowo: Saya Tak akan Jegal Jokowi

Datangi Istana Merdeka, Prabowo: Saya Tak akan Jegal Jokowi

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan tak sakit hati meski kalah dari Joko Widodo dalam Pilpres 2014 lalu. Prabowo mengutarakan hal ini di hadapan Presiden Joko Widodo saat keduanya bertemu di Istana Merdeka, Jakarta. Kedatangannya itu merupakan kunjungan balasan. Keduanya juga menyempatkan diri untuk makan siang bersama.

Prabowo menegaskan dirinya mendukung pemerintahan dan tak pernah terpikir untuk menjegal dari posisinya sebagai Presiden. "Sehari sebelum beliau dilantik waktu Oktober 2014, saya ucapkan selamat anda mendapatkan mandat, saya tidak akan menjegal bapak," kata Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/11).

Baca Juga: Bansos Beras Diharapkan Lanjut, Presiden Jokowi Janji Akan Bisiki Prabowo

Prabowo kembali menegaskan dirinya berkomitmen dalam membantu Joko Widodo memimpin pemerintahan. Mantan Pangkostrad ini menegaskan siap kapan pun dan di manapun apabila diminta bantuan oleh .

"Saya berkewajiban apabila dibutuhkan saya siap untuk membantu pemerintah kapan pun di manapun saya siap," ujarnya.

Meski demikian, Prabowo tak segan akan melontarkan kritik apabila dalam memimpin pemerintahan mengambil langkah yang menurutnya keliru. Namun, dia menegaskan kritik bersifat membangun dan tak menjurus kepada kekerasan.

Baca Juga: Bersama Presiden Jokowi, Menteri ATR/BPN Peroleh Brevet Kehormatan Hiu

"Jadi kritik itu ya bagus asal tidak destruktif dan tidak mengarah ke kekerasan itu yang kita harus hindari sebagai bangsa," ujarnya.

Baik Prabowo maupun menegaskan komitmen mereka untuk menjaga NKRI dan Pancasila. "Nilai-nilai kita sama. NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Kita tidak berbeda," tegas Prabowo.

Prabowo juga meminta masyarakat berhenti bertikai. Menurutnya sebagai satu bangsa, cara menyelesaikan masalah adalah kesejukan dan melalui musyawarah. "Kita bisa melalui proses dan cobaan ini," kata Prabowo.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Smelter Grade Alumina, Erick Thohir Paparkan Dampak soal Impor Alumnium

Menurut Prabowo, Indonesia selalu menjadi incaran pihak tertentu. "Indonesia ini selalu menjadi incaran kekuatan-kekuatan besar. Kita berkewajiban memelihara kesatuan dan kesejukan," kata Prabowo.

Kata dia, banyak pihak iri dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Oleh karena itulah, Indonesia selalu menjadi incaran. "Kita tidak boleh terpancing dengan hal-hal yang membahayakan keutuhan nasional," ajaknya.

"Kita tidak inginkan kita terpecah belah gara-gara perbedaan politik, karena sangat mahal harganya bagi NKRI," ujar .

Baca Juga: Menparekraf Sebut Investasi IKN dari Luar Negeri Sentuh Angka Rp1 Triliun

Selain membahas masalah domestik, keduanya juga membicarakan persoalan ekonomi baik yang tengah dihadapi Indonesia dan dunia. Sayangnya, tidak dijelaskan secara resmi isi pembicaraan itu.

mengaku sangat senang dikunjungi oleh Prabowo. Dia berharap kedatangannya itu menjadi contoh bagi masyarakat. "Ini sangat baik, kunjungan sangat baik. Saya berharap budaya seperti ini juga sampai ke bawah," ucap .

Sementara Waketum Partai Gerindra Arief Poyuono mengatakan, keakraban dan Prabowo harus dicontoh oleh para elite politik di Indonesia. Keakraban itu, kata Arief, menunjukkan keduanya sudah melupakan rivalitas yang terjadi saat Pilpres 2014 lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadi Saksi Pernikahan Yusuf dan Jihan, Khofifah: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Arief menyinggung hubungan antara Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak pernah akur dan cenderung terbawa konflik pribadi. Hubungan antara SBY dan Mega sangat kontras dengan dan Prabowo.

"Justru keakraban Prabowo dan Joko Widodo harus dicontoh oleh elite politik nasional yang pernah menjadi rival dalam pemilihan presiden, tetapi setelah selesai dan Pak Joko Widodo menang mereka tetap bisa bersahabat secara ikhlas dan lahir batin," kata Arief.

"Jangan kayak Ibu Mega dan Pak SBY yang hingga hari ini tidak bisa duduk bersama dan bersahabat dan terbawa ke perseteruan pribadi," sambungnya.

Baca Juga: Projo Tuban Gaspol Dukung Paslon Riyadi Gus Wafi di Pilbup

Menurutnya, pertemuan dan Prabowo menunjukkan mereka memiliki sikap seorang ksatria dan negarawan. Terbukti, pun tidak sungkan meminta masukan dari Prabowo atas kondisi dan masalah nasional saat ini.

"Jadi masyarakat bisa melihat kalau Pak Prabowo itu berjiwa satria dan negarawan sama dengan pak Joko Widodo. Dan Pak Joko Widodo sangat menghormati Pak Prabowo sebagai seorang senior yang bisa dimintakan masukan oleh Pak Joko Widodo," terangnya. (mer/tic/lan)

Sumber: merdeka.com/detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO