Upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Rendra: Ini Momentum untuk Kembalikan Jati Diri Bangsa

Upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Rendra: Ini Momentum untuk Kembalikan Jati Diri Bangsa Bupati Malang saat menjadi Irup Hari Kesaktian Pancasila.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (1/6).

Dalam kesempatan itu, Bupati Malang yang membacakan pidato tertulis Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa upacara ini meneguhkan komitmen masyarakat lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

"Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, Rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Soekarno. Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers negara dan para ulama, serta para tokoh agama dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara. Sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita," ulasnya.

“Bahwa, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman. Berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, berbagai adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan, serta golongan, bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhineka Tunggal Ika kita Indonesia,” jelasnya.

Ditemui usai upacara, Bupati menjelaskan bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Karena itu, segala sendi-sendi kehidupan bermasyarat, berbangsa, dan bernegara ada di dalamnya.

"Peringatan hari lahirnya Pancasila ini momentum mengembalikan jati diri bangsa, maka kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Semangat itu harus tetap ada dan jangan sampai memudar," pungkasnya.

Hadir pada upacara kali ini antara lain, Wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi MM, Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko, Panglima Divisi 2 Kostrad Mayjend TNI Benny Susianto, perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Malang dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang dan jajarannya. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO