Ini Bahayanya Bagi Kesehatan jika Menonton Televisi Terlalu Lama

Ini Bahayanya Bagi Kesehatan jika Menonton Televisi Terlalu Lama

Oleh: Lely Zuliana*

TELEVISI adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Dewasa ini, televisi tentu tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, baik untuk mencari informasi terkini, maupun sekadar mencari hiburan. Dari televisi, kita bisa mendapat banyak informasi yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Baca Juga: Terbantu Kacamata Gratis, Didik Warga Kota Kediri Puas dengan Layanan JKN

Namun, tahukah Anda bahwa televisi memiliki efek buruk jika ditonton terlalu lama. Mungkin sebagian dari masyarakat hanya mengetahui jika menonton televisi terlalu lama dapat menyebabkan sakit mata, tetapi selain itu, masih banyak masalah kesehatan lain yang ditimbulkan akibat terlalu lama menonton televisi. Misalnya, penyakit degeneratif dari penuaan dan bahkan penyakit kronis.

Berikut ini berbagai bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan:

1. Sakit mata

Baca Juga: Ingin Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit? RSU Kusuma Pamekasan Perkenalkan Metode ILA WELA

Menonton televisi terlalu lama dapat menyebabkan sakit mata, terutama ketika menonton televisi di ruangan yang gelap. Mata memfokuskan pada salah satu objek televisi yang dapat membuat mata tegang, dan jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama mata bisa sakit.

2. Jam tidur malam yang tidak teratur

Tubuh membutuhkan waktu istirahat malam yang cukup untuk mempertahankan tubuh itu sendiri. Menonton televisi terlalu lama hingga larut malam akan berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh dari hari ke hari.

Baca Juga: Anti Belang, ini Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

3. Obesitas (Penambahan berat badan berlebih)

Menonton televisi terlalu lama akan menyebabkan tubuh jarang bergerak dalam waktu yang relatif lama. Maka kerja metabolisme tubuh kurang maksimal, karena kurangnya bergerak, hal ini dapat menjadi pemicu obesitas atau kegemukan itu sendiri.

4. Penyakit jatung

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim dan Menteri Kesehatan Resmikan Layanan Imunoterapi Kanker di RS Bhayangkara

Berdasarkan penelitian di Australia, terungkap bahwa menonton televisi lebih dari 4 jam dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

5. Diabetes

Berdasarkan Journal of American Medical Association tahun 2003, menunjukkan bahwa risiko diabetes meningkat pada mereka yang menonton televisi selama 2 jam sehari. Bahkan pada pria 3 kali lebih berisiko menderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Eyebost Perkenalkan Vitamin Mata Eyebost Sebagai Solusi Jitu Jaga Kesehatan Mata

*Penulis adalah mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Universitas Muhammadiyah Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO