Danramil Singgahan Minta Gapoktan Inventarisir Bantuan Alsintan

Danramil Singgahan Minta Gapoktan Inventarisir Bantuan Alsintan

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komandan Koramil Singgahan minta agar penerima bantuan alat intruksi pertanian (Alsintan) diinventarisir. Hal ini disampaikannya saat pertemuan dengan sejumlah Gapoktan dan Kelompok Tani, di Kantor Kecamatan Singgahan, Minggu (18/6).

Selain Gapoktan, pertemuan yang berjalan dengan khidmat dan kekeluargaan tersebut dihadiri oleh Forpimcam dan sejumlah perwakilan tokoh agama kecamatan Singgahan.

Baca Juga: Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Tuban Gelar Olahraga Bersama Lintas Sektoral

"Tugas pokok TNI AD salah satunya mendukung terwujudnya swasembada pangan nasional. Bentuk keterlibatan TNI AD terhadap ketahanan pangan dengan cara pengawasan dan pelaporan perkembangan pertanian. Ini merupakan bentuk keterlibatan TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional," terang Komandan Koramil Singgahan Sudiono.

Dalam keterlibatan untuk meningkatkan ketahanan pangan ini, lanjut Sudiono, TNI AD juga diamanatkan untuk melaporkan perkembangan pertanian di wilayah teritorial, seperti laporan sarana dan prasarana pertanian yang sudah diberikan kepada Gapoktan atau Kelompok Tani.

"Bantuan dari pemerintah yang diberikan agar dimanfaatkan dan digunakan untuk keperluan kelompok tani," ujarnya.

Baca Juga: Peduli Asupan Gizi Anak, Kodim 0811/Tuban Angkat Anak Asuh Balita Stunting

Untuk itu, Danramil meminta kepada kelompok tani atau Gapoktan di wilayah Singgahan yang menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk diinventarisir jumlahnya.

"Bantuan alsintan ini harus digunakan sebaik-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan oleh masing masing kelompok tani," tandasnya.

Serangkaian pertemuan yang bertepatan dengan nuansa Ramadhan pada kesempatan itu dilakukan dengan buka bersama dan pembagian bingkisan kepada sejumlah purnawirawan TNI AD, Forpimcam dan tamu undangan yang hadir yang berasal dari wilayah kecamatan setempat. (ahm/wan)

Baca Juga: 12 Tim Meriahkan Liga Santri 2022 Kodim 0811 Tuban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO