Tepis Isu Calon Tunggal, Demokrat Buka Pendaftaran Calon Gubernur - Wakil Gubernur

Tepis Isu Calon Tunggal, Demokrat Buka Pendaftaran Calon Gubernur - Wakil Gubernur

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menepis isu calon tunggal yang terlanjur bergulir, Dewan Pengurus Partai Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur membuka jadwal pendaftaran dalam waktu dekat. Rencananya, pendaftaran tersebut akan dilakukan Demokrat untuk menjaring nama calon gubernur maupun wakil gubernur untuk diusung partai berlambang bintang mercy tersebut.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo mengungkapkan, partainya ingin memastikan fungsi untuk melahirkan pemimpin daerah dapat berjalan. Satu di antaranya melalui proses seleksi.

Baca Juga: Pekerja MPS Trowulan Kompak Pilih Gubernur yang Full Senyum

"Saya rasa wajar apabila kami merencanakan untuk ikut membuka pendaftaran. Sebab, semua partai, termasuk Demokrat memiliki tugas untuk ikut melahirkan calon-calon pemimpin," kata Soekarwo, Rabu (21/6).

Menurut pria yang akrab dipanggil Pakde Karwo ini, proses seleksi tersebut menjadi bukti bahwa pihaknya tak melakukan rekrutmen calon kepala daerah secara asal. "Partai kan fungsinya memang menjaring calon pemimpin. Terkait bagaimana prosesnya, itu bergantung masing-masing partai. Demokrat kemungkinan akan melalui proses pendaftaran yang selanjutnya akan diseleksi," jelasnya.

Nantinya, ia bersama Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat akan kembali membahas detail mekanisme penjaringan tersebut. Menurut Pakde yang juga saat ini menjabat Gubernur Jatim itu, partainya bisa membuka pendaftaran untuk calon gubernur, wakil gubernur, atau bahkan keduanya.

Baca Juga: Rapat Konsolidasi Tim Pemenangan Pilgub Jatim, Khofifah Tekankan Politik Santun

"Kami sedang membahasnya bersama Mas Ibas (Edi Baskoro Yudhoyono, ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat). Kami petakan kembali, terkait peluang mana yang akan kami ambil," imbuh Pakde.

Orang nomor satu di Jatim ini menjelaskan, dalam merumuskan rencana pembukaan pendaftaran, pihaknya juga harus mempertimbangkan kondisi partai. Misalnya, jumlah kursi di DPRD dan sebagainya. Terkait hal tersebut sudah dipaparkan bersama DPP.

Pakde Karwo juga mengungkapkan, beberapa bakal calon gubernur telah merapat ke partai dengan dominasi warna biru ini. Di antaranya, adalah bakal calon gubernur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Saifulah Yusuf (Gus Ipul). Diantar PKB, Gus Ipul telah melakukan pertemuan dengan jajaran pengurus Demokrat Jatim, awal bulan (1/6) lalu.

Baca Juga: Dicurhati Pedagang Wonokromo, Khofifah: Pasar Tradisional Harus Tersentuh Digitalisasi

Tak hanya dari unsur eksternal, Demokrat juga memiliki kader yang berpotensi untuk dijagokan. Di antaranya, wakil ketua DPP Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf. Bahkan, telah muncul beberapa bentuk dukungan yang menginginkan politisi asal Malang ini mencalonkan diri.

Menjawab kemungkinan calon mana yang berpeluang paling besar akan dipilih partainya, Pakde menyebut semua memiliki kesempatan sama besar.

"Kan keputusannya masih ada di tangan Majelis Tinggi. Untuk saat ini, peluangnya belum tertutup dan semua masih memiliki kans yang sama," pungkas alumni GMNI tersebut. (mdr)

Baca Juga: Pekerja MPS Tuban Mantap Pilih Khofifah, Gubernur Paling Berpihak pada Industri Padat Karya SKT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO