NasDem Mengerucut ke Khofifah dan Gus Ipul, PPP antara Gus Syaf dan Gus Ipul

NasDem Mengerucut ke Khofifah dan Gus Ipul, PPP antara Gus Syaf dan Gus Ipul Ketua DPW Partai NasDem, Rendra Kresna (berpeci hitam) memberi keterangan pers bersama pengurus DPW NasDem Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Makin dekatnya pelaksanaan pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 membuat partai politik harus segera mengeluarkan keputusan politik untuk mengusung calon. Partai NasDem yang memiliki empat kursi di parlemen juga tak mau ketinggalan momen. Partai besutan Surya Paloh itu pun segera mengeluarkan rekom untuk pilgub Jatim.

Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Rendra Kresna mengakui partainya sedang dalam proses untuk menetapkan salah satu calon untuk direkom maju dalam kontestasi pilgub Jatim. Sampai sejauh ini, menurut Rendra, nama Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sama-sama berpeluang untuk mendapatkan rekom partai.

Baca Juga: Pekerja MPS Trowulan Kompak Pilih Gubernur yang Full Senyum

"Kandidat Cagub dari NasDem adalah Khofifah dan Gus Ipul. Keduanya memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan rekom partai," tegas Bupati Malang ini, Minggu (3/9).

Orang nomor satu di NasDem Jatim ini membeberkan, saat ini partai tengah melakukan survei untuk menjadi rujukan dalam menunjuk calon yang akan direkom. Selanjutnya, calon potensial itu akan dipanggil oleh DPP ke Jakarta untuk menjalani proses wawancara.

Rendra mengingatkan, soal rekom calon kepala daerah, apalagi setingkat provinsi, menjadi ranah DPP. Ada Tim 7 yang diketuai Enggartiasto Lukita yang melakukan telaah yang hasilnya disampaikan kepada Ketua Umum Surya Paloh. Sedangkan DPW sebatas memberi masukan dan saran terhadap calon potensial yang akan diusung.

Baca Juga: Rapat Konsolidasi Tim Pemenangan Pilgub Jatim, Khofifah Tekankan Politik Santun

"Kalau rekom itu menjadi ranah DPP dan Ketua Umum. DPW sebatas memberi saran dan masukan dari berbagai macam sisi, salah satunya hasil survei. Termasuk usulan Pak Hasan Aminuddin sebagai kandidat Cawagub dari internal NasDem," tutur politisi kelahiran Sumenep itu.

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga sedang berproses untuk memutuskan nama calon yang akan direkom. Partai berlambang Ka'bah itu akan segera menggelar rapat pimpinan wilayah (rapimwil) dengan pengurus DPC PPP se-Jatim. Rapimwil itu untuk membahas dua calon yang sudah mendaftar dan mengembalikan formulir sebagai calon kepala daerah di PPP. Kedua calon itu adalah Dr. Syafiin atau biasa disapa Gus Syaf dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Ketua DPW PPP Jatim, Musyaffa' Noer menjelaskan, dalam rapimwil itu akan mendengarkan visi dan misi dari Gus Ipul dan Gus Syaf. Nantinya DPC akan menilai dari pemaparan visi dan misi itu mana yang layak direkom. Hasil rekomendasi dari masing-masing DPC itu akan diteruskan oleh DPW ke DPP untuk menjadi bahan pertimbangan keluarnya rekom.

Baca Juga: Dicurhati Pedagang Wonokromo, Khofifah: Pasar Tradisional Harus Tersentuh Digitalisasi

"Kandidat calon dari PPP mengerucut pada dua nama, yaitu Gus Syaf dan Gus Ipul. Rapimwil akan menjadi sarana untuk memberi masukan kepada DPP. Hasil akhirnya kami serahkan kepada DPP sebagai pemilik mandat," urai Ketua Fraksi PPP DPRD Jatim tersebut. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO