Tradisi Grebeg Pancasila dan Pawai Lampion Meriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar

Tradisi Grebeg Pancasila dan Pawai Lampion Meriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Upacara Grebeg Pancasila untuk memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni, diperingati dengan meriah di Kota Blitar. Upacara budaya, kirab gunungan tumpeng hasil bumi, dan festival lampion menjadi puncak peringatan hari lahir Pancasila.

Grebeg Pancasila dimulai sekitar pukul 15.30 WIB dengan tradisi bedhol pusaka, atau pemindahan pusaka dari rumah dinas Wali Kota Blitar di Jl. Sudanco Supriyadi diarak menuju kantor Pemkot Blitar. Pusaka yang disimpan rapi dalam tiga peti kayu itu berupa Teks Pancasila, Teks Pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 dan Bendera Merah Putih.

Selain itu ada ukiran kayu Burung Garuda dan photo Bung Karno. Benda pusaka tersebut merupakan peninggalan Bung Karno di Kota Blitar yang selama ini disimpan di Istana Gebang Jl. Sultan Agung.

Kemudian tepat pukul 08.00 WIB, acara dilanjutkan dengan upacara budaya dan kirab gunungan lima yang digelar di alun-alun Kota Blitar dari alun-alun menuju makam Bung Karno. Setelah upacara, baru pawai lampion diberangkatkan.

Wakil Wali Kota Blitar Santoso yang menjadi inspektur upacara dalam upacara budaya mengatakan, kirab gunungan dan festival lampion ini merupakan rangkaian acara Grebeg Pancasila untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Acara itu rutin dilaksanakan tiap tahun di Kota Blitar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO